BBM Naik Pengaruhi Harga Tiket Kapal

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada pertengahan Juni 2013 mendatang tidak hanya berdampak pada kenaikan harga sembako saja, melainkan mempengaruhi harga tiket kapal laut. Seperti Farry penumpang tujuan Tanjungpinang – Punggur Batam.

Pasalnya, awal direncanakannya kenaikan BBM dari pemerintah, harga tiket penumpang dari Rp40 ribu, naik menjadi Rp50 ribu. Kenaikan harga tiket tersebut, pernah terjadi pada awal Juni 2013 lalu. Namun, kenaikan harga tiket tersebut hanya satu hari saja, karena ada perotes dari Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang.

Kenaikan BBM pasti disusul dengan kenaikan tiket penumpang, kemarin sudah sempat naik tapi hanya satu hari, kata Herman, salah satu pekerja di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kamis (13/6).

Menurut dia, kenaikan tarif juga akan terjadi pada kapal-kapal dengan tujuan lain, seperti kapal tujuan Tanjungpinang – Dumai, harga tiketnya saat ini Rp350 ribu, diperkirakan menjadi Rp450 ribu.

Selain itu, seorang penumpang kapal Tanjungpinang – Punggur, Galih mengatakan, hal itu memang menjadi sebuah keharusan, dimana kenaikan BBM berpengaruh pada semua barang dan jasa.

Wajar kalau harga tiket naik, minyaknya kan naik, tutur Galih.

Nada berbeda yang dilontarkan Ririt, penumpang yang setiap hari Pulang Pergi Tanjungpiang – Punggur ini kaget mendengar harga tiket naik hingga Rp50 ribu.
Kalau naiknya hingga lima puluh ribu terlalu tinggi, harus disesuaikan dengan kenaikan BBM nya dong. Belum lagi Pas masuk pelabuhan dan Iuran asuransinya, ujar Ririt. (Iwan)

Alpian Tanjung

Read Previous

Polisi Ringkus Otak Pelaku Jambret di Tanjungpinang

Read Next

PHK Sepihak, Karyawan Demo Perusahaan