Sekdaprov: Peran Humas dan Protokoler Sangat Penting

Tanjungpinang,IsuKepri.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terus meningkatkan peran kehumasan dan protokol untuk mendukung kegiatan ke pemerintahan, agar lebih baik. Untuk mendukung hal tersebut, salah satu cara yang dilakukan adalah melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Humas dan Protokol se Provinsi Kepri yang diselenggarakan selama tiga hari, 26-28 Mei 2013 di Comfort Hotel and Resot Tanjungpinang.

Rakor itu juga dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si, yang melibatkan seluruh petugas humas se Kepri. Baik dari petugas humas di internal SKPD Pemprov Kepri, Kabupaten dan kota serta humas dari instansi fertikal yang ada.

Dalam sambutannya Suhajar mengatakan, peran humas di dalam sebuah instansi atau organisasi sangatlah penting dan strategis. Karena sehebat apapun seorang pemimpin jika tanpa didukung oleh tenaga humas yang profesional dan handal, maka tidak akan bisa menjalankan peran organisasinya dengan baik.

“Humas itu cermin sebuah lembaga atau organisasi. Jika humasnya baik, maka sebuah organisasi juga akan baik. Begitu juga sebaliknya. Seorang Gubernur sekalipun tidak akan bisa bercitra baik, jika humasnya tidak menjalankan perannya dengan baik,” kata Suhajar, saat pembukaan Rakor kemarin.

Sementara itu, Kepala Biro humas dan Protokol Provinsi Kepulauan Riau Drs. Riono, M.Si dalam laporannya menyampaikan, Rapat koordinasi yang diselenggarakan tersebut adalah untuk memperlancar komunikasi dan koordinasi sesama petugas humas se Kepri.

“Kordinasi diantara petugas humas sangat diperlukan. Sehingga dipandang perlu diselenggarakan kegiatan ini. Maka dari itu melalui koordinasi ini, kita berharap informasi yang kita butuhkan semakin banyak terserap. Sehingga, peran humas bisa memaksimalkan perannya,” kata Riono.

Dalam Rakor tesebut di ikuti sekitar 50 orang peserta dari seluruh instansi pemerintah daerah, serta instansi fertikal se Provinsi Kepri. Sumber permateri menghadirkan pemateri yang profesional seperti Ahmad Taufik S.sos, M.Si dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg)/ Setkab RI dengan materi yang disampaikan tentang Disiplin dan Tanggungjawab Protokol dan Manajemen Dalam Memaksialkan Pelayanan Terhadap Pimpinan.

Selanjutnya, sambung dia, ada juga narasumber lain seperti, Dra. Hj. Sri Nilawati Senior Public Relation (PR) dan Promotion Manager disebuah perusahaan ternama di Jakarta dengan materi Publik Relation (Hubungan Kehumasan).

Kemudian dilanjutkan oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri Ramon Damora, dengan judul materi Kompetensi Wartawan. Dan ditutup oleh kepala Biro Humas dan Protokol Kepri Drs. Riono, M.Si dengan judul materi tata cara penghormatan atau penerimaan kunjungan tamu kepala daerah atau pejabat. (Rizal)

Alpian Tanjung

Read Previous

Hardiknas, LET Bersama STTIS Gelar Penyuluhan Internet

Read Next

Wali Kota Lantik Pengurus GOW Tanjungpinang