Pelansir Solar, Polisi Tunggu Pemeriksaan Ahli Migas

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dugaan penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) solar subsidi seberat 1,2 ton yang dilakukan oleh dua orang tersangka yakni RT (30) sebagai supir mobil, dan ST (39) pemilik kios beberapa waktu lalu di Sungai Ladi, Kelurahan Kampung Bugis Kecamatan Tanjungpinang Kota. Hingga saat ini, Kepolisian Resot Tanjungpinang masih menunggu hasil pemeriksaan saksi ahli dari BP Migas Jakarta.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Patar Gunawan, melalui Kasubag Humas Polres Tanjungpinang, AKP Imawan mengatakan, dugaan kasus penyelewengan solar subsidi tersebut terus dilanjutkan hingga saat ini.

“Berdasarkan data dan keterengan yang kita peroleh, saat ini masih menunggu pemeriksaan saksi ahli dari BP Migas Jakarta tiba. Selanjutnya melampirkan pelengkepan berkas tersebut untuk diajukan keKejaksaan,” kata AKP Imawan, Sabtu (11/5).

Untuk diketahui, pada Selasa (16/4), unit Reskrim Polsek Tanjungpinang Kota telah menangkap dua tersangka pelansir solar. Masing-masing tersangka yakni, supir RT, (30) dan ST (39) selaku pemilik. Kedua tersangka penimbun dan penyelewengan BBM bersubsidi tersebut, digerebek polisi dilokasi penimbunannya, yakni di Sei Ladi, Kelurahan Kampung Bugis, pada Rabu (17/4).

Dari hasil pemeriksaan sementara dan keterangan tersangka RT, melakukan aksinya dengan menggunakan mobil Toyota Kijang bernomor polisi BP 1196 BA warna abu-abu. Yang mana, tangkinya telah dimodiifikasi hingga berkapasitas 200 liter.

Tersangka RT, melakukan pengisian solar di seluruh SPBU yang ada di Tanjungpinang. Setelah tangki yang dimodif itu mencukupi 200 liter, RT kembali lokasi penimbunannya di Sei Ladi. Sedangkan tersangka ST, merupakan orang yang menggaji dan memerintahkan tersangka RT untuk membeli solar di SPBU. Saat ditangkap, keduanya tidak melakukan perlawanan.

Atas perbuatan kedua tersangka, keduanya dijerat dengan pasal 55 UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara denda Rp 60 miliar. (Pian)

Alpian Tanjung

Read Previous

Sani Rayakan Ultah Bersama Anak Yatim Piatu

Read Next

Kunrat Bantah Sipir Pukul Tahanan Narkoba