Kadis: Penyuluh Perikanan Ujung Tombak SDM

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau, Raja Ariza menyampaikan, para penyuluh perikanan yang bertugas di daerah Kepri merupakan ujung tombak Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga, penyuluh dapat membentuk masyarakat, dan kelompok nelayan dari berbagai bidang.

“Dengan adanya adik-adik penyuluh perkanan ini, sehingga masyarakat dapat mensin pendorong dan dapat memotipasi ide dan kegiatan dari masyarakat,” kata Kadis DKP Kepri, Raja Ariza, Selasa (30/4) di Hotel Pelangi Tanjungpinang, saat membuka pertemuan penyuluh se-Kepri.

Selain itu, kata dia, penyuluh juga harus diberi pembekalan agar dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. “Tahap awal ini, kita memberi pembekalan, tambah lagi penyuluh perikanan ini merupakan tangan kanan Kepala Dinas,” ujarnya.

Sehingga, dapat memberitahu dan melaporkan apa yang didapati dilapangan saat melakukan penyuluhan terhadap masyarakat. Bahkan, penyuluh perikanan ini juga, merupakan perpanjangan tangan Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Untuk itu, kedepannya kita akan sering melakukan pertemuan supaya adik-adik tau tugas dan tanggungjawabnya. Saya maklum, kepri ini wilayahnya beda dengan wilayah lainnya. Sebab pergi ke kecamatan sangat membutuhkan waktu yang lama, dan ada juga menyebarangi pulau,” ucap Ariza.

Selain itu, atas dikukuhkannya kepengurusan DPD Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia Provinsi Kepri ini, kata dia, penyuluh dapat berkoordinasi dengan dinas.

“Selamat atas pengukuhan IPKANI Kepri pada malam ini, dan membuka agenda pertemuan penyuluh dalam program pemberdayaan nelayan, pembudidaya, dan masyarakat pesisir serta pulau kecil,” katanya. (Pian)

Alpian Tanjung

Read Previous

DKP: Tingkatkan Peranan 59 Penyuluh Perikanan

Read Next

Andrinal Jabat IPKANI Kepri Periode 2013-2016