Bupati Kagum Pelajar Berhasil Dalam Lomba TTG

Lingga, isuKepri.com – Bupati Lingga kagum dengan keberhasilan, beberapa pelajar SMA dan Sederajat dalam mengikuti lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) yang digelar Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (BPMD). Kekaguman itu, ketika Bupati menyaksikan langsung kegiatan tersebut di Gedung Nasional Dabo Singkep, Kamis (23/5)

Kita harapkan, agar SKPD terkait dapat melakukan pembinaan terhadap temuan-temuan yang dihasilkan oleh pelajar dan masyarakat,” ucap Daria saat melihat salah satu temuan dalam perlombaan itu.

Ditambahkannya, keberhasilan dari temuan-temuan ini yang terbaik, pemerintah daerah akan segera melakukan terobosan-terobosan untuk memberikan anggaran yang sesuai bagi para pemenang. Namun untuk mewujudkan itu, membutuhkan kerja keras dan kerja sama semua pihak.

Tampil sebagai juara 1 pada kegiata ini adalah Suprianto, seorang pelajar dari SMA Negeri 1 Lingga Utara. Juara II diraih Zulkarnain juga dari SMA I Lingga Utara, dan di Posisi ketiga, Aditya dari SMA I Singkep.

Plt Kepala Sekolah SMA I Lingga Utara, Syamsul Hadi mengatakan, sekolahnya mengirim 14 peserta dan menampilkan 14 penemuan dalam TTG tersebut. Hasilnya, dua siswanya meraih juara I dan juara II.

“Suprianto menghasilkan biosel atau biogas dari limbah sagu. Sementara Zulkarnain membuat alat pendeteksi banjir,” kata Syamsul usai kegiatan.

Ia mengaku puas dengan prestasi siswanya. Dari Pancur, lokasi sekolah mereka ke Resun menggunakan pompong. Setiba di Resun naik truk menuju ke Pelabuhan Tanjung Buton, Lingga. Dari pelabuhan ke Dabo, mereka naik kapal kayu.

“Perjalanan melelahkan. Kalau sewa speedboat, kami tak punya dana. Siswanya yang ikut ramai,” ujarnya.

TTG Lingga diikuti 51 peserta. Pemenang akan mewakili Lingga dalam TTG tingkat Provinsi Kepri tanggal 18 Juni di Tanjungpinang. Pemenang tingkat provinsi akan bertarung dalam TTG tingkat nasio]nal 2013 di Padang, Sumatera Barat. (Jali)

Alpian Tanjung

Read Previous

20 Polisi Muda Ditugaskan Diwilayah Polres Lingga

Read Next

FKPRMI Gelar Seminar Keagamaan Di Al-Madani