Soerya : Jabatan Tidak Ada Yang Abadi

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebanyak 46 pejabat eselon III dan 55 pejabat eselon IV dilingkungan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau, dilantik di aula kantor Gubernur lama, Rabu (10/4) pagi. Mengawali pelantikan itu, Wakil Gubernur Kepri, Dr.Soerya Respationo,SH,MH menyampaikan, kebahagiaan seseorang bukan terletak pada harta yang melimpah, jabatan yang banyak, serta pangkat tinggi.

Namun, sejauh mana orang tersebut mampu menikmati apa yang dimilikinya. Sebab, semua tidak ada yang abadi, apalagi sekedar jabatan yang dapat bergeser kapan saja, ucap Soerya.

Oleh karena itu, setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) melihat sebuah jabatan sebagai amanah, titipan yang suatu saat akan digantikan oleh orang lain.

Dalam pelantikan tersebut, Wagub kembali mengingatkan, pemerintah pusat telah membuat suatu aturan yang dituangkan dalam Peraturan Presiden nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design reformasi birokrasi. Pemprov Kepri, kata Soerya, saat ini tengah berkerja keras mewujudkan amanat tersebut.

Jika berhasil dilaksanakan, akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas birokrasi yang proaktif, antisipatif dan efektif, ujarnya.

Soerya mengatakan, setiap PNS diwajibkan untuk menyelenggarakan pemerintahan yang bersih sesuai dengan UU nomor 43 tahun 1999 tentang pokok-pokok kepegawaian. Hal ini dikuatkan dalam surat kepala BKN Nomor K-26-30/V.326-2/99 tahun 2012 yang menyebutkan, bahwa setiap PNS yang melakukan tindak pidana kejahatan jabatan dan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatannya dan telah dijatuhi hukuman berdasarkan keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap diberhentikan dengan tidak hormat.

Oleh sebab itu, sekali lagi saya ingatkan, agar saudara-saudara sekalian menjadi panutan, teladan yang baik bagi masyarakat dan lingkungan kita termasuk dalam kehidupan berkeluarga. Mudah-mudahan saudara-saudara yang hari ini dilantik dapat menjadi insipirasi prakarsa dan menumbuhkan semangat di masyarakat, katanya.

Selain itu, kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kepri, Drs.Abdul Malik,MM mengatakan, pelantikan saat ini melibatkan 46 pejabat eselon III dan 55 pejabat eselon IV.

Untuk meningkatkan kemampuan seorang pegawai perlu dilakukan pembinaan karir maupun regenerasi yang didalamnya terdapat rotasi dan promosi, kata Malik.

Acara pelantikan itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua II DPRD Kepri, Jumaga Nadeak, Kepala Biro Humas dan Protokol Kepri Drs.Riono,M.Si dan kepala SKPD Provinsi Kepri. (Pian)

Alpian Tanjung

Read Previous

JPU Tuntut Aceng 18 Tahun Penjara

Read Next

Hasil Liga Champions Eropa, Kamis 11 April 2013