FPP Kepri Latih 7 Pondok Pesantren

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Forum Pemberdayaan Pesantren (FPP) Provinsi Kepulauan Riau, melatih 7 Pondok Pesantren di Hotel Sampurna, Kamis (25/4). Pelatihan yang digelar tersebut, merupakan pelatihan sistem informasi pondok pesantren.

Masing-masing perwakilan pondok pesantren yang mengikuti pelatihan itu, yakni Pesantren Hidayahtullah Tanjungpinang, Hidayahtullah Bintan, Alqausar, Darul Qur”‘an, Raudatul Qur”‘an, Mitfathul Ulum, dan Pesantren Almadiah. Bahkan, setiap pesantren yang mengikuti pelatihan tersebut masing-masing dua orang.

Ketua FPP Kepri, Rizaldy Siregar mengatakan, pelatihan yang dilakukan saat ini, untuk membekali para pengurus, dan guru pondok pesantren tentang sistem informasi.

“Untuk itu, kita memberikan fasilitas website atau situs pondok pesantren untuk mempublikasikan berbagai kegiatan di masing-masing pesantren,” kata Rizaldy.

Dengan adanya pelatihan ini, kata dia, semua pesantren yang ada di Tanjungpinang-Bintan dapat mengakses situs www.pesantrenkepri.com. Bahkan, dapat mempublikasikan berita, saran, kegiatan, masukan-masukan, dan informasi islami disitus tersebut.

“Pembimbing pelatihan ini juga, merupakan orang yang berbakat di bidang ini,” ujarnya.

Selain itu, Seketaris FPP Kepri yang juga panitia pelaksana pelatihan pengoperasian situs pondok pesantren, Suprapto ST menagtakan, manfaat dari pelatihan ini merupakan untuk seluruh pesantren yang ada di Kepri.

“Jumlah pesantren yang ada di Kepri sekitar 46, dan paling banyak di Batam. Namun saat ini, baru 7 pesantren yang kita latih untuk mengenal situs dan sistem informasi pondok pesantren ini,” kata Prapto.

Dengan adanya pelatihan ini, kata dia, sehingga dapat mempublikasikan kegiatan pesantren di situs ini. Pasalnya, selama ini, pesantren dinilai tertutup. Untuk itu, kedepannya seluruh pesantren yang ada dapat mempublikasikan kegaiatannya di publik dengan adanya situs ini.

“Situs ini juga, sangat mudah dipergunakan oleh seluruh pesantren. Hanya tinggal klik alamat situs dan masuk ke User, serta sandinya, pesantren langsung dapat mengupload berita dan kegiatan mereka di situs ini,” ucapnya.

Jika, peserta belum paham atau kesulitan cara mengoperasikan situs ini di pondok pesantrennya nanti, ia dan rekan-rekannya siap berkunjung dan membantu.

“Sehingga, hubungan pondok pesantren dan FPP Kepri tidak hanya setakat di pelatihan ini saja, tetapi jangka panjang kedepannya,” katanya. (Pian)

Alpian Tanjung

Read Previous

Trailer Film Thor : The Dark World

Read Next

AJI Batam Beri Pemahaman Jurnalistik Ke Pesantren