Citizen Journalism, Kekuatan Media Online

ISUKEPRI.com – Bisnis media kian menjamur di Kepulauan Riau, salah satunya adalah media online. Keberadaan media sebagai penyambung aspirasi dan informasi publik merupakan hal yang sangat penting di era globalisasi. Dalam perjalanannya, bisnis media, seperti media online akan terus berkembang pesat bahkan ditengarai akan menyaingi bisnis media konvensional seperti koran.

Kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat dan akurat merupakan sebuah keniscayaan. Selain itu kemudahan untuk mendapatkan informasi juga didukung dengan perangkat-perangkat yang kian canggih. Keberadaan smart phone atau ponsel pintar sudah bukan menjadi milik segelintir orang. Perangkat komunikasi ini dapat dimiliki oleh siapa saja, dan dari kalangan manapun. Alat komunikasi yang awalnya hanya di gunakan untuk menelpon dan mengirim menerima SMS, namun dengan paket data maka siapapun dapat melakukan komunikasi diluar batas kemampuannya.

Dengan di dukung perangkat-perangkat yang ada itu maka, sudah saatnya masyarakat tidak ketinggalan informasi. Istilah “informasi ada di jari anda” bukan lah sebuah isapan jempol belaka. Saat ini kita berada pada dunia yang tanpa batas. Siapapun, kapanpun dan dimanapun kita dihubungkan dengan perangkat teknologi.

Bahkan setiap kita adalah agent-agent informan bagi orang lain. Ada banyak informasi yang seharusnya di ketahui oleh khalayak umum, namun belum sempat tersalurkan. Informasi seperti peluang kerja, pendidikan, kesehatan merupakan informasi publik yang layak untuk diketahui khalayak. Tidak hanya itu, informasi mengenai kemacetan, kecelakaan, kerusuhan, demonstrasi, ketimpangan sosial di masyarakat juga merupakan sesuatu yang penting.

Jika dengan menggunakan media konvensional seperti koran, maka mekanisme untuk menyalurkan pokok-pokok pikiran dan sumber berita sangat sulit dilakukan. Dimana ada berbagai prosedur dan tahapan yang harus dilewati, dan penyampaian berita atau informasi tidak cepat dimana membutuhkan waktu untuk mencetak. Namun tidak bagi sebuah media online, bahkan dengan hitungan menit, bahkan detik informasi dapat di distribusikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan seperti khalayak ramai.

keberadaan citizen journalisme merupakan kekuatan bagi bisnis media online. Kepentingan yang coba di ambil adalah bagaimana informasi yang layak dikonsumsi bisa cepat dan sampai ke pembaca, dengan berbagai strategi yang coba di lakukan. (Slk)

suprapto

Read Previous

901 Atlet Pelajar Ikuti O2SN se-Kota Tanjungpinang

Read Next

Bintan, Menyimpan Keindahan Alam Eksotic