Agustian: Kenaikan BBM Tidak Pengaruhi Tarif Listrik

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) Tanjungpinang, Agustian mengatakan, rencana kenaikan harga subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 1 Mei 2013 mendatang, tidak mempengaruhi tarif listrik.

“Sebab, sebelumnya tarif listrik sudah naik secara bertahap dan pertriwulan selama satu tahun untuk Tarif Dasar Listrik (TDL). Jadi tidak ada kenaikan tarif listrik,” kata Agustian, Minggu (28/4).

Untuk TDL, kata dia, sebelumnya telah diatur oleh peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 30 tahun 2012, yang diterbitkan pada 21 Desember lalu, bahwa yang tidak mengalami kenaikan adalah listrik dengan daya 450 dan 900 Watt. Sedangkan, daya melebihi dari 900 Watt, baik itu rumah tangga dan industri mengalami kenaikan yang bervariasi.

Kemudian, sambung dia, kenaikan TDL yang dilakukan pemerintah oleh pihak PLN secara bertahap atau pertriwulan. Dan rata-rata naikya sekitar 5 hingga 7 persen yaitu untuk rumah tangga dan industri.

“Pertama kenaikannya mulai dari Januari- Maret, kemudian triwulan kedua Apri-Juni, triwulan ketiga Juli-September dan triwulan keempat Oktober-Desember selama 2013,” ujar Agutian. (Rizal)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pemprov Akan Bangun Autis Center Di Tanjungpinang

Read Next

Hasil Liga Premiere Inggris, Sabtu 27 April 2013