• September 21, 2020

Siswa Kepri Terima Beasiswa Pendidikan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebanyak 14.560 orang siswa  SD hingga SMA/sederajat se-Kepulauan Riau mendapatkan beasiswa pendidikan pada 2013.

“Mereka yang menerima beasiswa itu diutamakan anak-anak pesisir yang orang tuanya tidak mampu, serta anak didik yang berprestasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Riau (Kepri) Yatim Mustafa saat  dihubungi dari Tanjungpinang, Selasa.

Yatim mengatakan beasiswa pendidikan tersebut telah diberikan dalam beberapa tahun terakhir, bahkan sejak 2010 jumlah siswa pesisir yang orang tuanya kurang mampu meningkat setiap tahun.

Pada 2010, menurut Yatim, siswa yang mendapatkan beasiswa sebanyak 1.879 orang, kemudian 2011 meningkat menjadi 10.545 orang, 2012 bertambah lagi menjadi 13.245 orang, dan 2013 mencapai 14.560 orang siswa.

“Kepri berkomitmen tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak sekolah meski orang tuanya tidak mampu. Bantuan beasiswa pendidikan itu salah satu cara untuk mewujudkan itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, menyekolahkan anak-anak dari keluarga kurang mampu juga merupakan upaya pemerintah daerah untuk mengurangi jumlah penyandang buta aksara yang umumnya berada di sejumlah daerah pesisir.

“Saat ini penyandang buta aksara umumnya meraka yang berusia lanjut dan memang tidak mudah untuk memberikan bimbingan,” kata Yatim.

Ia juga mengajak Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan pemerintahan desa untuk terus mendata anak-anak usia sekolah yang tidak sekolah karena keluarganya tidak mampu.

“Jangan sampai ada yang tidak sekolah, apalagi dalam APBD sekitar 20 persen untuk biaya pendidikan,” ujarnya.

 

Sumber : Antara

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Tibrani : Dapil Tanjungpinang, Bintan dan Lingga di Satukan

Read Next

Kampus UK, Polisi Gesa Penyelidikan Kepada Latif