• September 30, 2020

SBY : Saya Keluar Negeri Untuk Bangsa

Jakarta, IsuKepri.com – SBY menanggapi pertanyaan dari salah satu tokoh masyarakat Indonesia prihal seringnya SBY keluar negeri. SBY mengatakan bahwa keberangkatannya keluar negeri adalah untuk kepenting raytat dan bangsa.

“Tidak mungkin saya pergi ke luar negeri kalau tidak ada urgensi dan kepentingan untuk rakyat kita atau bangsa kita. Saya kira dalam interaksi internasional yang makin intensif seperti ini memang tidak bisa dielakkan kita menjadi regional power dengan global out reach,” kata Presiden Yudhoyono dalam keterangan persnya di Budapest, Kamis (7/3/2013) petang waktu setempat sebagaimana yang diberitakan melalui kompas.

SBY mengatakan bahwa saat ini, agenda-agenda kujungan keluar negeri semakin padat.

Menurut Presiden, acara-acara wajib yang harus dihadiri oleh presiden Indonesia saat ini jauh lebih banyak dari sebelumnya. Presiden kemudian mencontohkan mengenai perubahan jadwal penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, yang semula satu kali dalam satu tahun menjadi dua kali dalam satu tahun.

Indonesia merupakan salah satu pendiri organisasi yang bertujuan untuk menjaga stabilitas di kawasan itu.

Presiden juga menyebutkan bahwa sebelumnya Indonesia tidak menjadi anggota negara kelompok ekonomi 20 atau G-20. “Sekarang ada G-20, yang summit G-20 minimal sekali (dalam satu tahun), bisa-bisa dua kali,” katanya seraya menambahkan sejumlah agenda internasional yang lain, misalnya Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan East Asia Summit (EAS). (Kompas/Slk)

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Survei : Mega Masih Di Minati Masyarakat Tanjungpinang

Read Next

SBY : Malaysia Segera Selesaikan Konflik Sabah