SBY : Malaysia Segera Selesaikan Konflik Sabah

Nasional, IsuKepri.com – Konflik yang terjadi di Sabah, Malaysia menyedot perhatian SBY. Pasalnya hampir ribuan WNI yang berada di sana. Dalam releasenya di Hotel Four Season, Budapest, Hungaria, Kamis yang di muat melalui detik, SBY menginstruksikan Menlu Negeri Marty Natalegawa untuk segera melindungi WNI di Sabah.

Memang ini adalah sesuatu yang sensitif, tetapi tidak boleh kita juga tidak mengambil sikap, ujar SBY.

SBY berharap konflik Sabah bisa dapat terselesaikan dengan baik. SBY menyeru kepada pemerintah Malaysia dan pemerintah Filipina agar bisa menjalankan komunikasi yang baik.

Saya juga menyeru penyelesaian gangguan keamanan di Sabah oleh Malaysia juga dapat diselesaikan dengan baik. dan berharap chairman Asean, dalam hal ini Brunei Darussalam, dapat mengambil langkah-langkah pro-aktif. Indonesia sangat siap untuk diajak membicarakan masalah ini, baik pada tingkat menteri maupun pada tingkat saya, karena bagaimanapun lebih cepat kita atasi tentu lebih
baik, harapnya.

Pemerintah Indonesia tidak bermaksud untuk mencampuri urusan dalam negeri Malaysia.

“Malaysia adalah negara yang berdaulat, namun Malaysia juga harus ingat bahwa urusan seperti ini kalau tidak arif menyelesaikannya akan menimbulkan komplikasi masalah yang sama-sama tidak kita inginkan, imbuhnya. (Dtk/Slk)

suprapto

Read Previous

SBY : Saya Keluar Negeri Untuk Bangsa

Read Next

Konflik Sabah : Polisi Malaysia di Penggal dan di Mutilasi