• September 24, 2020

Masyarakat Bintan Pesisir Keluhkan Keamanan Laut ke Lantamal

Bintan, IsuKepri.com – Dihadapan narasumber seminar kebangsaan perbatasan, Lambaila salah satu masyarakat Bintan Pesisir mengeluhkan keamanan laut di perbatasan.

” Sejak 3 tahun setelah pemerintah pusat mengadakan kerja sama dengan negara lain terkait batas-batas laut, hasil dari penangkapan ikan nelayan tempatan mengalami penurunan. Hal tersebut diperparah dengan minimnya alat tangkap nelayan Indonesia, sedangkan para nelayan asing sudah menggunakan teknologi yang canggih, ” keluh Lambaila kepada Kolonel Laut (T) Soetarmono dari lantamal IV Tanjungpinang.

Selain itu lambaila juga menceritakan bahwa masih ditemui kepala-kapal asing di perairan Bintan Pesisir, bahkan masyarakat menangkap langsung kapal-kapal tersebut.

” Kamis sering menemukan kapal-kapal asing di laut perbatasan, dengan kehadiran mereka maka kami merasa terancam, ” ujarnya.

Ia juga mengharapkan kepada Lantamal IV untuk menindak tegas oknum – oknum yang mengatasnamakan Angkatan laut dengan mendiskriminasi masyarakat dan menakut-nakuti masyarakat.

” Masyarakat merasakan ada sedikit driskiminasi yang dilakukan oleh oknum TNI Angkatan Laut, sebagai contoh apabila ingin berlayar dan tidak memiliki surat keterangan kesehatan maka akan dipersulit. Bahkan masyarakat merasa beberapa oknum justru mencari-cari kesalahan nelayan agara nelayan merasa takut, ” ujar Lambaila.

Menangapi hal tersebut, Soetarmono mengatakan akan menindak tegas apabila ada oknum-oknum yang mengatasnamakan TNI AL.

” Kami mengharapkan masyarakat langsung melaporkan ke Lantamal jika menemui informasi-informasi kejanggalan di laut. Dan kita akan tindak tegas jika benar ada oknum yang terbuti melakukan itu, ” ujarnya.

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Ratusan Masyarakat Bintan Pesisir Antusias Hadiri Acara Seminar Perbatasan

Read Next

Razalijaya : FKUB Pastikan Kerukunan Umat Beragama Terjaga