• September 18, 2020

Kapal Muatan Pasir Timah Tenggelam di Karimun, Satu ABK Hilang

Karimun, IsuKepri.com – Kecelakaan kapal laut kembali terjadi di perairan Karimun. Kapal Motor (KM) Takkajo”‘e GT 06 bermuatan 25 ton pasir timah tenggelam di perairan Kenipan, Tanjungbalai Karimun, Jumat (22/3) sekitar pukul 12.00 WIB. Satu orang anak buah kapal (ABK), Iwan dinyatakan hilang. Sementara, nakhoda kapal, Dahlan Siregar beserta dua ABK lainnya yakni Kepala Kamar Mesin (KKM),  Syamsuddin dan klasi, Ardiansyah beserta empat orang penumpang berhasil diselamatkan Tim SAR dan anggota Posal Lanal Karimun.

Informasi di lapangan, kapal tersebut berangkat dari lokasi penambangan pasir timah, sebelah barat Pulau Kenipan menuju ke Smelter yang berada di Desa Pangke, Kecamatan Meral, Karimun. Namun ketika melintas di sebelah utara perairan Kenipan, tiba-tiba haluan kapal bocor dan air mulai memasuki lambung kapal. Saat air mulai merembes masuk, nahkoda kapal sudah berusaha menyelamatkan kapal agar tidak tenggelam dengan mengarahkan kemudi ke pinggiran pantai. Namun usaha itu sia-sia. Pasalnya, air laut sudah memenuhi lambung kapal hingga tenggelam.

Danlanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Sawa melalui Palaksa, Mayor Laut (P) Ashari Sunan Abidin mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap tenggelamnya kapal tersebut.

“Belum dipastikan apa penyebab terjadinya kebocoran di lambung kapal itu. Namun yang jelas sang nakhoda dan ABK lain sudah berusaha untuk mengarahkan kapal ke lokasi yang dangkal atau ke pinggir pantai. Namun karena air sudah terlanjur masuk ke lambung kapal hingga menyebabkan kapal tenggelam. Kita masih selidiki kasus ini,” ujar Ashari.

Menurutnya, hingga saat ini seluruh tim dari Pos TNI AL Selat Belia dan SAR masih melakukan pencarian terhadap salah satu ABK kapal yang dinyatakan hilang dalam insiden itu.

“Semoga pencarian yang dilakukan tim bisa membuahkan hasil dengan menemukan korban yang dinyatakan hilang,” kata Ashari.

Catatan Haluan Kepri, selama tiga bulan terakhir sudah ada tiga kecelakaan kapal di perairan Karimun. Pertama menimpa KM Jasa Mulia GT 70. Kapal pengangkut barang kelontong itu tenggelam di perairan Pulau Burung, Kundur Barat, Rabu (9/1) sekitar pukul 04.45 WIB. Insiden ini tidak menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Nakhoda dan enam ABK  berhasil diselamatkan Lanal Tanjungbalai Karimun.

Kedua, kecelakaan Kapal Layar Motor (KLM) Rahim Jaya Abadi GT 116 bermuatan 6.387 sak semen tenggelam di perairan Tanjungsebatak, Pulau Karimun Besar, Sabtu (19/1) sekitar pukul 02.00 WIB. Kejadian ini pun tidak menelan korban jiwa. Nakhoda dan seluruh anak buah kapal (ABK) yang berjumlah sembilan orang berhasil diselamatkan. Terakhir adalah Kapal Motor (KM) Takkajo”‘e GT 06 bermuatan 25 ton pasir timah tersebut dan satu orang anak buah kapal (ABK), Iwan dinyatakan hilang. (HK)

0 Reviews

Write a Review

ione

Read Previous

My Father (2007)

Read Next

Arab Saudi Berbalik Unggul