• September 26, 2020

Anambas Akan Budidayakan Rumput laut

Anambas, IsuKepri.com – Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kepulauan Anambas,Yusmadi menyatakan rumput laut sangat berpotensi untuk di kembangkan di KKA, selain pariwisata dan perikanan sebagai lokomotif pembangunan di daerah ini.

“Anambas memiliki perairan yang sangat cocok dan potensil untuk di kembangkan sebagai lahan budidaya rumput laut. Mengingat Potensi alam yang didukung dengan letak yang strategis dan sangat kaya kandungan nutrisi kelautan sehingga sangat baik bagi usaha budidaya tersebut,” kata Yusmadi, Rabu (13/3).

Ia juga mengatakan, usaha budidaya rumput laut mempunyai beberapa kelebihan, antara lain permintaan pasar domestik dan luar negeri terhadap komoditas rumput laut sangat tinggi. ditambah lagi Teknologi yang dipergunakan dalam budidaya ini sangat mudah, serta kebutuhan biaya operasinal relatif sangat kecil.

“Saat ini ada beberapa titik atau spot yang sangat potensial dikembangkan di KKA, seperti di selat peninting, selat batu belah, selat semanggi, selat berawi, perairan air asue, dan selat taburi,” jelasnya.

Dan semuanya tempat tersebut, tambahnya, sangat potensial untuk dikembangkan. Karena posisinya yang sangat terlindung dari terpaan musim angin, dan gelombang sepanjang tahun. Tinggal bagaimana di kembangkan besar kecilnya di area tersebut.

“Dari data kita, kini sudah ada investor lokal yang tengah mencoba untuk mengembangkan perairan anambas untuk budidaya tersebut. Dan sat ini tengah dilakukan persiapan dan pembibitan. Yang sekarang kita masih menunggu hasilnya. Biasanya 45 hari sudah bisa di panen,” ucapnya.(HK)

0 Reviews

Write a Review

ione

Read Previous

Sumbangan Untuk Korban Kebakaran di Belakang Pasar, Dabo Singkep Capai Rp91 Juta

Read Next

Bunga Bangkai Setinggi Dua Meter Mekar