• September 21, 2020

52 Milisil Kesultanan Sulu Tewas di Sabah

IsuKepri.com – Korban tewas akibat konflik antara Malaysia dengan Kesultanan Sulu semakin meningkat. Diberitakan paling tidak ada sekitar 52 orang dari kubu Kesultanan Suku tewas dalam konflik memanas tersebut. Hal ini di ungkapkan oleh Inspektur Polisi Diraja Malaysia Tan Sri Ismail.

Tan Sri mengatakan bahwa total korban tewas di antara para pengikut Kesultanan Sulu mencapai 52 jiwa. Salah satu yang tewas di perkirakan memiliki pangkat yang tinggi. Namun Tan Sri enggan memberikan informasi yang lebih detail.

“Untuk saat ini, total korban tewas di antara para pengikut Kesultanan Sulu mencapai 52 jiwa. Hingga saat ini kami belum bisa memberikan informasi lebih,” ujar Inspektur Polisi Tan Sri Ismail Omar, seperti dikutip The Star, Kamis (7/3/2013).

Sementara Kepala Staf Angkatan Darat Malaysia Jenderal Tan Sri Zulkifli Zainal Abidin mengatakan, operasi yang dilakukan untuk mengatasi para pengikut Kesultanan Sulu berjalan dengan perlahan demi menjaga keselamatan dari pihak kepolisian dan prajurit Malaysia yang diturunkan.

Kondisi di Sabah dikabarkan masih terus tegang meskipun Sultan Sulu Jamalul Kiram III menawarkan gencatan. Menteri Pertahanan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi menolak tawaran tersebut. Negara Jiran tetap menginginkan para pengikut Kesultanan Sulu menyerah tanpa syarat.

Pemerintah Malaysia juga berencana untuk meminta ekstradisi terhadap Sultan Jamalul Kiram III yang selama ini berada di Filipina. Tetapi pihak Filipina belum memberikan tanggapan atas permintaan Malaysia tersebut. (net/Slk)

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Konflik Sabah : Polisi Malaysia di Penggal dan di Mutilasi

Read Next

OKU Memanas, Konflik TNI Polri