Surya Sardi : Batam Menuju Kota Metropolitan

Batam, IsuKepri.com – Masyarakat Batam khususnya di kawasan Hinterland menginginkan adanya pemekaran Kabupaten Batam Kepulauan. Surya Sardi, Ketua DPRD Batam menyambut baik keinginan masyarakat Batam tersebut. Bahkan dirinya menyambut baik dan sangat mendorong jika masyarakat Batam mulai memikirkan kehadiran Provinsi Batam.

” Ya,, jangankan untuk pemekaran Kabupaten Batam Kepulauan, membentuk Provinsi Batam Why Not, ” ujarnya (23/01)  ketika diminta pendapatnya terhadap rencana perjuangan Kabupaten Batam Kepulauan

Sebenarnya, semangat perjuangan Kabupaten batam Kepulauan sudah lama dikobarkan, tetapi vakum beberapa waktu. Hal ini dikarenakan munculnya moratorium pemekaran oleh pemerintah.

” Oleh karena itu, dengan munculnya semangat baru, Saya secara pribadi sangat mendukung mendukung, ” ujarnya.

Menurut Surya tinggal sekeras apa perjuangan teman-teman badan pekerja untuk mewujudkan daerah tersebut. Tentunya terlebih dahulu menyiapkan persyaratan sebagai daerah pemekaran.

” Sebenarnya sudah terlambat untuk pemekaran. Namun untuk sebuah kemajuan dan pembangunan daerah serta kesejahteraan Masyarakat, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, ” Tambahnya.

Surya memberi ilustrasi tentang Negara Thailand yang mempunyai 78 provinsi dengan luas negara kurang dari luas Sumatra. Sedangkan Indonesia hanya mempunyai 34 Provinsi yang luas wilayahnya seperempat dari Benua Eropa. Pemekaran bukanlah sebuah agenda yang nantinya akan membebani Negara. Sesungguhnya pemekaran sangat membantu Negara dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat.

” Dengan banyaknya provinsi negara dengan mudah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, Buktinya Negara Thailand. Indonesia? yang memiliki Luas seperempat Benua Eropa, sangat pantas untuk memiliki banyak provinsi atau Kabupaten/Kota, ” Tegasnya.

Atas dasar tersebut dan semangat para pejuang daerah, Surya menentang para pejuang Kabupaten Batam kepulauan untuk secepatnya menyelesaikan berbagai persyaratan terbentuknya daerah baru.

” Lebih cepat lebih baik. Sebab beberapa daerah Kepri sudah mengajukan proses pemekaran daerah seperti Kundur, Lingga, Bintan dan lain-lain. Demi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat, saya pikir niat baik dari masyarakat Batam Khususnya Hinterland itu perlu di gagas secepatnya, ” Katanya.

Mengenai Provinsi Batam, Surya juga mendukung dengan Pemekaran Provinsi Batam. Jika dilihat, Batam saat ini memiliki pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional dan peningkatan penduduk yang mencapai 12 persen per tahun.

” Melihat indikator ini, Batam sekarang menjadi Kota Besar. Tetapi tengah menuju Kota Metropolitan. Masyarakat Batam harus mulai memikirkan hal tersebut, ” Ujarnya.

Batam dari dahulu telah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah untuk mengembangkan daerahnya sebagai daerah perdagangan, alih kapal, dan daerah pariwisata. Dan juga Batam mempunyai nilai lebih sebagai Etalase Negara kesatuan Republik indonesia (NKRI) yang memang perlu berbenah dan bersiap diri untuk menjadi Kota Metropolitan. (HK/Edy)

0 Reviews

Write a Review

Edy

Read Previous

Morgan, Personil SMASH Kecelakaan

Read Next

KRI Beladau 643, Untuk TNI AL