• September 30, 2020

Pemimpin Bersahaja Batam Meninggal Dunia

BATAM, IsuKepri.com – Wakil Ketua Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Dr H Manan Sasmita, menghembuskan nafas terakhir di rumahnya yang asri di komplek Otorita Batam, Jumat (18/1/2013).

Manan meninggalkan seorang istri dan dua anak.

Rencana Manan menjadi kenyataan. Tidak hanya pensiun dari BP Batam, ia juga “pensiun” dari kehidupan duniawi. Baru sekitar sebulan yang lalu, Manan Sasmita bercerita tentang rencananya untuk pensiun dari kepemimpinannya di BP Batam, kini ia benar-benar telah pensiun dari kehidupan dunia.

Dalam pidatonya pada sambutan penyusunan road map BP Batam, 17 Desember 2012, Manan mengungkapkan keinginannya untuk pensiun usai masa jabatan yang berakhir September 2013.

” Saya tidak akan menjabat lagi. Saya ingin pensiun, ” begitu pernyataan Manan pada saat di depan konsultan asing Frost n sullivan dan sejumlah karyawan BP Batam.

Manan meninggal saat hendak istirahat pagi, di kediamannya, Jumat (18/1) subuh. Usai shalat dan meminta dibuatkan susu. Ia mengatakan Kepada istrinya ingin tidur sejenak. Tetapi bukan sekejap, Manan tidak pernah terbangun lagi. Ia tidur untuk selama-lamanya.

Seluruh keluarga dan kerabat Manan kaget. Manan pergi dengan tiba-tiba, tanpa tanda-tanda sakit.

” Saya benar-benar kaget. Ketika buka ponsel pagi-pagi diberitahu Pak Manan sudah meninggal, ” kata kerabatnya, Asmin Patros yang menjabat anggota DPRD Batam.

Puluhan pejabat lingkungan Pemerintah Kota Batam, Badan Pengusahaan Batam dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menghadiri pemakaman Wakil Kepala BP KPBPB Batam Manan Sasmita di TPU Sei Temiang, Batam.

Manan yang pernah menjadi Pjs Wali Kota Batam selama beberapa tahun memang terkenal sangat ramah dan murah senyum. Sebagai pemimpin BP Batam, ia pun sangat bersahaja. Dari penampilannya yang sederhana, ia tidak terlihat sebagai seorang pejabat.

Gubernur Kepri Muhammad Sani mengenang Manan sebagai putra terbaik yang berjasa pada pengembangan kota industri.

” Saya mengucapkan turut belasungkawa. Mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa yang diberikan pak Manan selama ini, ” ujar Sani yang juga Ketua Dewan Kawasan Batam, Bintan, Karimun.

Sebelum menjabat Pjs Wali Kota dan Wakil Kepala BP Batam, ia pernah menjadi Camat Belakang Padang, Kepala Bapeko Batam, Kepala Bapedalda Pelalawan dan Sekda Kota Batam.

Manan memulai karir birokratnya di Batam, hingga akhirnya dipercaya menjadi Sekda Batam dan Pjs Wali Kota, sebelum mengabdi pada pengembangan KPBPB Batam di BP.

Wakil Gubernur Kepri, Soeryo Respationo mengatakan Manan berjasa bagi terciptanya hubungan baik antara Pemkot Batam dan BP Batam, dua institusi pemerintah yang menakhodai Batam.

” Saya bersama pak Manan mampu membangun hubungan yang baik dengan BP Batam. Beliau bersama kami, membuat terobosan dan solusi mengatasi hubungan pemkot dan otorita (nama BP Batam sebelum berubah) kurang baik, sehingga sekarang jauh lebih bagus, ” ujar Soerya. (Ant/Yano)

0 Reviews

Write a Review

Karyano Efiandi

Read Previous

Mengenang Figur Manan Sasmita

Read Next

Kasus Malpraktek Sulit Terungkap