• September 21, 2020

Kriteria Calon Presiden Usulan Muhammadiyah

Nasional, IsuKepri.com – 4 kriteria calon presiden 2014 adalah problem solver, solidarity maker, risk taker dan moral commited. Hal ini diungkapkan oleh Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, beberapa waktu lalu.

“Empat kriteria calon pemimpin bangsa Indonesia di tahun 2014 mendatang juga termuat dalam hasil muktamar PP Muhammadiyah yang digelar di Yogyakarta beberapa tahun yang lalu,” kata Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, di Gedung PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Kamis 3 Januari 2013.

Kriteria pertama adalah problem solver. Sosok pemimpin harus mampu menyelesaiakan masalah, bukan malah lari dari tanggung jawab. “Jangan sampai pemimpin justru sebagai pembuat masalah,” kata Din.

Kriteria kedua solidarity maker. Pemimpin harus mengayomi semua elemen masyarakat. Bukan hanya mengayomi golongan tertentu saja. “Jangan justru mementingkan partainya, golongannya bahkan keluarganya sendiri,” kata dia.

Kriteria ketiga risk taker. Din mengatakan, seorang pemimpin harus berani mengambil risiko dalam setiap kebijakan yang diambil. “Orang yang suka menyalahkan orang lain karena kebijakan yang dibuat itu bukan pemimpin dengan figur risk taker,” katanya.

Sementara, kriteria keempat adalah moral commited. Pemimpin harus punya komitmen moral kepada masyarakat, terutama berkomitmen memberantas korupsi yang semakin memprihatinkan. “Jangan sampai punya komitmen pemberantasan korupsi namun justru membiarkan korupsi merajalela,” ujar dia. (Viva)

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Iran Klaim Adopsi Teknologi Pesawat Tak Berawak AS

Read Next

Ratusan Mahasiswa UIB Minta Pembentukan BEM