• September 28, 2020

KRI Beladau 643, Untuk TNI AL

Batam, IsuKepri.com – KRI Beladau 643 karya anak bangsa di  PT Palindo Marine Shipyard Batam yang diresmikan di Dermaga Selatan Pelabuhan Batuampar Batam, Jumat (25/01) dini hari oleh Menteri pertahanan RI, Purnamo Yusgiantoro.

” Kapal tersebut memiliki tinggi 3,4 meter, panjang 44 meter, dan lebar 8 meter. Kapal ini memiliki spesifikasi teknologi yang tinggi dengan sistem propulasi fixed propuller 5 daun serta mampu berlayar dengan kecepatan 30 knot. ” ujar Kepala Dispenal, Laksamana Pertama TNI, Untung Suropati.

Kapal ini dilengkapi dengan meriam kaliber 30 mm enam laras sebagai sistem pertempuran jarak dekat Close in Weapon System (CIWS) serta peluru kendali dan rudal c-705 buatan china. Kapal buatan anak negeri ini menghabiskan anggaran sebesar Rp.75 miliar.

Lambung Kapal ini terbuat dari high tensile stell atau jenis baja yang khusus dibuat oleh PT. Krakatau Stell. Sementara untuk bagian atasnya, kapal ini menggunakan aluminium alloy sehingga memiliki stabilitas dab kecepatan yang tinggi saat melaju.
KRI Beladau-643 merupakan kapal ketiga yang memperkuat TNI AL, setelah sebelumnya KRI Clurit-641 diresmikan pada April 2011 dan KRI Kujang-642 yang diresmikan pada Februari 2012. KRI Beladau 643 merupakan kapal ketiga yang dibuat di PT Palindo Marine Batam dan merupakan karya anak bangsa. Kapal ini akan digunakan oleh TNI AL,” kata Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro saat serah terima kapal tersebut.

Hingga hingga 2014, kata Purnomo Yusgiantoro, TNI AL akan ada 16 kapal sejenis yang akan digunakan untuk mengamankan seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Net/edy)

0 Reviews

Write a Review

Edy

Read Previous

Surya Sardi : Batam Menuju Kota Metropolitan

Read Next

Massa Pro dan Kontra Bupati Aceng Terpantau Polisi