• September 29, 2020

JIM Kepri Berikan Dukungan Moril PHK Buruh PT. PBD

Bintan, IsuKepri.com – Sengketa pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh manajement PT. Pulau Bintan Djaya terus berlanjut. Beberapa aktifis Jaringan Informasi Mahasiswa (JIM) Kepri mendatangi lokasi demonstran yang menuntut keadilan kepada PT. PBD, Selasa (8/1/2013).

Ari Sunandar, Koordinator JIM Kepri mengatakan kepada IsuKepri.com bahwa kehadiran mereka adalah dalam upaya memberikan dukungan moril kepada para buruh yang di PHK.

” Kami merasa terpangil terhadap nasib teman-teman buruh yang di PHK secara sepihak oleh PT. PBD, ” ujar Ari.

Ari juga mengatakan bahwa, pemutusan sepihak ini tentunya melanggar ketentuan yang berlaku yakni UU No. 13 Tahun 2003 terkait ketenagakerjaan. Disana disebutkan bahwa ada pasal yang mengatakan bahwa perusahaan tidak boleh melakukan pemutusan hubungan kerja secara sepihak.

” Kami melihat, upaya PHK yang dilakukan oleh PT. PBD sudah mengangkangi UU No. 13 tahun 2003. Tentunya hal ini melawan hukum, ” tambar Ari.

Sehari sebelumnya, ratusan karyawan melakukan demonstrasi terhadap pabrik pengolahan karet terbesar di Bintan tersebut. Namun sebenarnya pihak perusahaan hanya melakukan PHK terhadap 36 buruh saja, namun karena asas solidaritas dan kebersamaan maka hampir sebagian besar buruh PT tersebut juga ikut melakukan aksi.

Aksi yang sempat ricuh karena adanya upaya pembubaran paksa oleh kepolisisan, bahkan tindakan kekerasan mengakibatkan kemarahan beberapa buruh.

“Saat itu, polisi langsung menghalau dan secara membabi-buta menyerang sejumlah peserta demo. Ada yang ditinju, dipijak dan diseret, lalu dipukuli hingga sebagian peserta demo ada muka dan bibirnya lecet dan lebam,” kata Marcos Ketua Pengurus Unit Kerja (PUK) FFSPMI di PT PBD kepada salah satu media.

JIM Kepri akan membentuk team bantuan hukum terhadap buruh – buruh yang di PHK, minimal mereka harus mendapatkan hak-haknya sebagai buruh di PT. PBD. (Slk)

Para demonstran dan aparat beradu mulut

Hearing bersama perusahaan

Para buruh membuat tenda di depan perusahaan

Brosur

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Dahlan Gunakan Plat Nomor Palsu

Read Next

The Raid 2 aka Berandal, Menuju Luasnya Jalanan Jakarta