• September 29, 2020

Jakarta Siaga Banjir Hingga Maret

Jakarta, IsuKepri.com – menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, curah hujan masih akan tinggi hingga akhir Februari, Tanggap darurat banjir Jakarta yang dimulai 17 Januari lalu berakhir hari ini, Minggu (27/01/2013).

Evaluasi harian masih terus dilakukan, Syamsul Arfan Akilie selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, pada bulan Maret evaluasi banjir secara keseluruhan akan mulai dilakukan.

Pengakuan Syamsul yaitu kali ini banyak keterbatasan dalam penanganan banjir. “Kami akan membangun sistem yang lebih baik lagi untuk penanganan banjir di Jakarta,” kata dia.

Ibukota dalam kondisi darurat. pada tanggal 17 januari 2013, jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin tenggelam. Kawasan Dukuh Atas hingga Sarinah menjadi “‘sungai”‘. Gedung pencakar langit dikepung air bah. Lalu lintas lumpuh. Bahkan, air menorobos ring 1 Istana Negara.

Menteri Koordinator Kesejahteraan, Agung Laksono, pun menyatakan Jakarta Siaga I. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menetapkan tanggap darurat bencana banjir sampai 27 Januari.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperkirakan kerugian akibat banjir pekan lalu mencapai Rp20 triliun. Jumlah itu dihitung dari berbagai infrastruktur yang rusak termasuk jebolnya tanggul Kanal Banjir Barat di Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Syamsul, dalam evaluasi nanti, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Unit Kerja Perangkat Daerah terkait akan diajak untuk berkoordinasi. Salah satunya membahas perbaikan infrastruktur yang rusak akibat banjir.(viva/kvn)

0 Reviews

Write a Review

Kevin Carl

Read Previous

Oknum Pelni Di Duga Lakukan Pungli

Read Next

Kasus Kecelakaan Ninik Setyowati Dihentikan