Fasilitas Peluncuran Roket NASA Tunggu Investor

Orlando, IsuKepri.com – Misi baru untuk tahun 2013 yang di jalankan oleh lembaga antariksa AS (NASA) bukan mengenai keantariksaan melainkan mengenai keuangan.

NASA mencari investor yang akan menyewa atau bahkan membeli ruangan fasilitas peluncuran roket luar angkasa di Kennedy Space Center (KSC) seperti dilansir harian Orlando Sentinel.

Direktur Pengembangan dan Perencanaan KSC NASA, Joyce Riquelme mengatakan KSC menargetkan terjadi kesepakatan dalam beberapa bulan mendatang seiring dengan berakhirnya dana perawatan pemerintah federal AS untuk fasilitas ruang angkasa NASA itu pada akhir 2013.

” Menyadari semua fasilitas ini telah didanai oleh program roket luar angkasa dan fasilitas di sini tidak dapat ditinggalkan dalam waktu lama sebelum menjadi tidak berguna, ” ujar Riquelme.

NASA telah sepakat dengan para penawar untuk menjaga proposal mereka dari kompetitor ataupun publik agar hampir sepenuhnnya marahasiakan proses penawaran fasilitas KSC.

Bannyak fasilitas yang ditawarkan ke investor swasta antara lain, landasan peluncur 39A, ruang gedung perakitan pesawat, struktur perakit roket Saturn V-Apollo, fasilitas pemroses orbit (Orbiter Processing Facilities), Hangar N beserta peralatannya, pusat pengontrol peluncuran, dan beberapa fasilitas lain.

Presiden Space Florida, Frank DiBello mengatakan fasilitas seperti tempat peluncuran roket tidak menarik bagi para investor karena mereka lebih memilih untuk membangun roket sendiri.

NAmun, BAdan Luar Angkasa Florida dan pabrikan pesawat boeing menyatakan minatnya terhadap fasilitas di KSC NASA.

” Segala sesuatu yang mempunyai kemampuan pembersihan atau pemrosesan satelit, fasilitas parasut, fasilitas pemroses orbit, fasilitas perakitan, semuanya mempunyai nilai nyata untuk kegiatan luar angkasa generasi berikutnya, ” ujar Frank Di Bello. (Ant/Yano)

suprapto

Read Previous

10 Parpol Bakal Lulus Verifikasi Faktual

Read Next

Pesawat Amphibi Untuk Daerah Kepulauan