DKP Kepri Kembangkan Ekonomi Nelayan

TANJUNGPINANG, IsuKepri.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri tengah mengembangkan jaringan perekonomian nelayan. Untuk mendukung upaya itu, DKP membangun sejumlah sarana dan prasarana pendukung, salah satunya dilakukan di Kelurahan Tembeling Tanjung, Kabupaten Bintan, Selasa (22/1).

Kepala DKP Provinsi Kepri, Raja Ariza mengatakan, pembangunan fasilitas berupa kios atau kedai berikut barang-barang kebutuhan sehari-hari serta bengkel lengkap dengan alat-alatnya itu sebagai upaya DKP untuk mendukung usaha-usaha perikanan dan kegiatan pengembangan mata pencarian atau pendapatan masyarakat nelayan.

“Bantuan ini kita berikan guna menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat nelayan di samping usaha perikanan tangkap yang mereka geluti. Guna memudahkan bongkar muat ikan di daerah ini kita juga membangun tambatan perahu atau dermaga yang dapat dimanfaatkan nelayan daerah ini,” katanya.

Dia berharap, bantuan yang bersumber dari APBD Kepri 2012 ini, para nelayan dapat memanfaatkannya dengan maksimal. Sementara saung atau ruang pertemuan yang dibangun diharapkan menjadi tempat bertukar pendapat maupun penyampaian berbagai informasi baik intern nelayan ataupun dengan pihak pemerintah nantinya.

“Sarana dan prasarana yang kita bangun ini dananya bersumber dari APBD Kepri tahun 2012. Harapan pemerintah tentunya, ini akan menjadi embrio untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat nelayan pesisir yang memang menjadi salah satu titik perhatian Gubernur Kepri,” ujarnya.

Raja Ariza menjelaskan, pemberian bantuan sarana dan prasarana yang dibangun DKP Kepri tersebut merupakan proyek percontohan yang akan dikembangkan oleh DKP Kepri di tahun-tahun mendatang. Program ini juga akan dilakukan di daerah lain dengan format yang sama demi membangun perekonomian masyarakat nelayan.

“Ini adalah proyek pertama DKP Kepri yang juga akan dikembangkan di sejumlah daerah perkampungan nelayan lainnya,” kata dia.

Kelompok nelayan yang menerima bantuan kedai dan bengkel adalah Kelompok Nelayan Karang Biru yang diterima perwakilan kelompok yakni Rudy dan Arani. Sementara untuk sejumlah aset lainnya diserahkan Raja Ariza kepada DKP Bintan yang diterima Sekretaris DKP Bintan, Edi Priyono.

Penyerahan bantuan itu juga dihadiri oleh Camat Tembeling, Kapolsek dan Lurah se-Kecamatan Tembeling. Hadir pula UPT serta pengawas perikanan dan tokoh masyarakat maupun LPM Tembeling. (haluankepri)

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Masjid Raya Dompak Di Resmikan

Read Next

Perubahan Iklim, Tanpa Perilaku Bencana Menunggu