• September 21, 2020

Batam Distribusikan 320 Ribu e-KTP

BATAM, IsuKepri.Com — Sebanyak 320 ribu e-KTP mulai didistribusikan ke masyarakat Kota Batam. Pendistribusian dimulai dengan peluncuran yang dilakukakan langsung Walikota Batam, Ahmad Dahlan di Kantor Camat Batuaji, Rabu (2/1/2013).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Sadri Khairuddin mengungkapkan, masih terdapat sekitar 19 persen dari 707.430 wajib e-KTP di Kota Batam yang belum melakukan rekam data. Pendistribusian terhadap e-KTP warga yang sudah siap, dilakukan melalui kecamatan dan kelurahan.

“Kekuranganya akan dilakukan secara bertahap atau berangsur-angsur. Warga yang e-KTP nya sudah jadi dapat mengambil e KTP dengan membawa KTP asli atau dengan cara barter,” jelasnya.

Walikota Batam menyatakan, penggunaan e-KTP sebagai elektronic card merupakan ciri masyarakat yang modern. Jika masih ada warga yang tidak ikut serta melakukan program e-KTP, maka akan tertinggal dari daerah lain.

Peluncuran e-KTP di Batuaji dilakukan karena Kecamatan tersebut telah melakukan perekaman data e-KTP terbanyak di Kota Batam, mencapai 90,44 persen. Dengan pencapaian tersebut, Dahlan memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pendukung atas suksesnya perekaman e-KTP.

Sedangkan pencapaian rekam data e-KTP terendah, terjadi di Kecamatan Sei Beduk. Kecamatan yang menaungi Kelurahan Duriangkang, Tanjungpiayu, Mukakuning dan Mangsang tersebut baru mencapai 58 persen dari target wajib e-KTP.

“Salah satu penyebab rendahnya capaian tersebut karena tidak semua pemilik KTP Batam tinggal di Batam, kebanyakan orang transit di Batam untuk mencari pekerjaan. Pemilik KTP Batam sudah pulang kampung atau mereka pindah antar kecamatan,” ungkapnya.

Camat Batuaji, Reinaldi Pane dalam laporannya mengatakan, perekaman e-KTP yang dimulai pada Juni 2012 sampai dengan 31 Desember 2012 dilakukan secara massal dan gratis. Waktu tujuh bulan tersebut dimanfaatkan untuk perekaman e-KTP dan sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat. Baik melalui tatap muka langsung secara berjenjang dengan RT, RW dan tokoh masyarakat.

Sosialisasi juga dilakukan melalui spanduk dan edaran yang ditempatkan di lokasi-lokasi strategis. Kemudian dilanjutkan dengan koordinasi secara berjenjang secara statis dengan standby di kantor dan dinamis dengan mobil jemput di lapangan, sekolah, perguruan tinggi, rumah ibadah dan pemukiman padat penduduk.

“Kesuksesan perekaman data e-KTP di Kecamatan Batuaji tidak lepas dari peran seluruh masyarakat, RT, RW dan tokoh masyarakat serta para staf yang telah kerja pagi sampai malam. Terimakasih kepada seluruh staf kecamatan yang turut menyukseskan perekaman data e-KTP, kata Pane. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Maryono Pimpin BKPRMI Kepri

Read Next

Cucu SBY Masuk Rumah Sakit