• September 29, 2020

Tahun Depan, Pemerintah Batasi Penerimaan PNS

Jakarta, IsuKepri.com – Pemerintah akan membatasi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di masa akan datang karena ada Pemda yang menggunakan 70 persen dana APBD hanya untuk gaji pegawai.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Senin (17/12).

“Dana untuk APBD itu memang ada yang digunakan untuk belanja pegawai, sehingga kita akan batasi penerimaan PNS di tahun mendatang,” ujar Hatta.

Menurutnya, pemerintah ke depan akan selektif dalam menerima PNS. Pemerintah juga tidak menginginkan bila ada pemerintah daerah yang harus menambah pegawai saat ada penggantian kepala daerah. Karena kondisi ini hanya dianggap sebagai pemborosan belanja pemerintah daerah. Padahal, Hatta ingin pemerintah daerah menggunakan dana APBD-nya untuk infrastruktur.

“Dana APBD itu untuk infrastruktur, harus public service. Nantinya, jangan sampai ganti pejabat, terus nambah pegawai lagi,” tuturnya.

Anggaran yang begitu besar untuk belanja pegawai semakin memperkuat bahwa postur birokrasi semakin gemuk. Kendati begitu, fakta di lapangan, pelayanan birokrasi dan pembangunan infrastuktur, jauh dari capaian yang selama ini didambakan masyarakat.

Parahnya lagi, anggaran besar itu tak menyentuh masyarakat, lantaran birokrasi selalu menumpuk anggaran di akhir tahun. Tak pelak, untuk menghabiskan anggaran, pemerintah daerah dan pusat kerap menghamburkannya lewat iklan layanan masyarakat. (Net)

0 Reviews

Write a Review

ione

Read Previous

Ujian Tertulis Digelar 11 dan 12 Juni 2013

Read Next

Hasil Undian 16 besar Liga Champions Eropa Musim 2012/2013