Peserta BPJS Ditanggung Setelah Ada Bukti Transfer

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kepala Manajemen Pelayanan Rujukan Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Tanjungpinang, Dr Ade Purna menyampaikan, untuk peserta yang sudah mendaftar dan hanya baru mendapatkan berupa bukti transfer bank, sudah dapat berobat dan langsung ditanggung BPJS Kesehatan.

“Apabila para peserta yang baru mendaftar dan belum mendapatkan kartu Jaminan Penyelengara Kesehatan (JPK) BPJS Kesehatan dan hanya baru dapat bukti pembayaran dari bank yaitu nomor NIK tanda peserta. Maka peserta tersebut dapat berobat langsung dan di tanggung BPJS kesehatan,” kata Dr Ade, Kamis (27/2) kepada IsuKepri.com.

Namun sebelum berobat ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesahatan, terlebih dahulu, kata Dr Ade, harus melalui rujukan ke Puskesmas setempat.

“Dari rujukan puskesmas itu, maka bisa dibawa ke rumah sakit, tanpa rujukan, tak bisa dibawa ke rumah sakit dan ini merupakan prosedurnya kecuali emergency,” ujarnya.

Sedangkan untuk emergency, katanya, pasien bisa langsung datang ke rumah sakit tanpa melalui rujukan ke Puskesmas. Pelayanan kesehatan primer khususnya emergency diatur permen kesehatan nomor 856/ menkes/ sk/ 2009 yaitu untuk kegiatan gawat darurat.

“Seperti sakit parah dan lain sebagainya kecuali penyakit ringan,” katanya.

Sementara untuk ibu hamil juga ditanggung oleh BPJS Kesehatan, mulai dari biaya persalinan dan juga biaya operasi.

“Mulai ruang rawat, operasi, obat – obatan dan anak. Untuk obat – obatan sudah ditanggung semua oleh BPJS Kesehatan. Pasien tak perlu khawatir dengan obat – obatan dan apabila ada tambahan obat luar, maka pasien bisa melaporkan ke BPJS Kesehatan. Karena ditakutkan nanti si pasien mengeluarkan biaya yang lain. Pokoknya si ibu hamil tidak perlu khawatir semua telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan karena ini sudah berdasarkan Permenkes no 71 tahun 2013 tentang pelayanan kesehatan,” kata Dr Ade. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dadang Imbau Masyarakat Jaga Cagar Budaya

Read Next

Warga Lorong Nias Tewas Tertimbun di Sumur