Obama Kalah 1 Persen

Internasional, IsuKepri.com – Hasil pemilu Presiden Amerika bisa dilihat di kedai kopi waralaba. Ini bukan asal cerita. Kedai waralaba 7-Eleven melakukan kegiatan yang dinamakan 7-Election setiap empat tahun bersamaan dengan pelaksanaan pemilu AS. Sejak tahun 2000, hasilnya sama dengan hasil resmi pemilu.

Caranya cukup mudah. Pengunjung yang datang tinggal memilih gelas biru untuk mendukung Presiden Barack Obama atau gelas merah untuk mendukung kandidat Partai Republik, Mitt Romney. Jika tidak memilih keduanya, kedai ini juga menyediakan gelas regular sebagai tanda tidak ada pilihan.

“Setiap hari, hampir 7 juta warga Amerika mengunjungi kedai kami saat berangkat kerja, ke sekolah, atau saat bersantai. Sekitar 1 juta orang mengikuti kegiatan ini,” kata Presiden dan Chief Executive Officer 7-Eleven Joe DePinto. “Kami tidak perlu pusing dengan teknologi untuk 7-Election karena kita bisa tahu pilihan warga hanya dari gelas yang mereka gunakan.”

Pada tahun ini, kegiatan ini sudah dilakukan mulai September lalu di 34 dari 50 negara bagian di Amerika. Dalam laman resmi kedai tersebut hingga kemarin malam, Obama mendapat 59 persen suara, sedangkan Romney 41 persen.

Cara lain dilakukan lewat topeng. Dalam perayaan Halloween pada akhir bulan lalu, topeng wajah kedua kandidat laku keras. Laman BuyCostumes.com mengatakan topeng kandidat dari kertas yang dijualnya telah secara akurat meramalkan siapa Presiden AS berikutnya. Sama seperti 7-Eleven, toko ini juga melakukan jajak pendapat saat pemilu. Motto mereka adalah 1 topeng = 1 suara.

Hasilnya, topeng Romney laku 51 persen, sedangkan topeng Obama 49 persen. (Tempo)

suprapto

Read Previous

Porlesta Barelang Bekuk Jaringan Ganja

Read Next

Ohio penentu kemenangan Obama