• September 24, 2020

Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan

Opini, IsuKepri.com – Masyarakat Kepri sebagian besar berprofesis sebagai nelayan bahkan sebagai pedagang, kalangan masyarakat sering kali menemukan masalah, misalnya ketidakadilan harga, keterbatasan teknologi, modal, terbatasnya SDM, dan lemahnya berorganisasi. Selain itu, masih banyak ditemui nelayan menggunakan alat-alat tradisional untuk menagkap ikan, mereka cenderung menggunakan alat tradisional mengingat keterbatasan ekonomi dan pengetahuan. Pokok permasalahan utama dari kemiskinan nelayan itu sendiri terletak pada ketidakpenuhinya kebutuhan akan pangan, kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan kondisi alam yang tidak menentu.

Pada umunya kelompok masyrakat miskin berada pada level paling bawah dan kerab kali menjadi korban pertama yang paling menderita akibat ketidakberdayaan dan kerentanannya. Para nelayan sehari-hari harus berhadapan ketidakpastian pendapatan dan tekanan musim yang tidak bersahabat. Para nelayan didefinisikan sebagai kelompok orang yang bertempat tinggal disuatu wilayah pesisir dengan sumber kehidupan perekonomiaannya bergantung pada pemanfaatan sumberdaya laut dan pesisir.

Kemiskinan masyarakat nelayan dilatarbelakangi oleh beberapa macam persoalan yang saling berhubungan satu sama lain. Memberdayakan para nelayan agar tidak bergantung pada hasil melaut saja, melainkan juga pada mata pencaharian lain misalnya dengan membudidayakan perikanan. Mengalihkan mata pencaharian para nelayan bertujuan agar mereka memiliki pendapatan yang relatif lebih stabil dan tidak hanya bergantung pada hasil melautnya saja.

Masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan harus mendukung program PNPM disektor kelautan dan perikanan yang dilakukan oleh pemerintah, dengan adanya program ini diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan di Indonesia khususnya para nelayan. Selain itu, para nelayan harus meningkatkan kualitas pendidikannya, setidaknya nelayan yang buta huruf dapat membaca dan menulis. Mendukung Proram Mitra Bahari (PMB) dalam rangka meningkatkan kapasistas lembaga dan SDM di daerah, mendukung pengelolaan sumberdaya kelautan, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menyelenggarakan program penyuluhan pendidikan. Dengan adanya bantuan modal dari pemerintah diharapkan dapat membantu dan mengurangi penderitaan nelayan hingga dalam hal perbaikan infrastruktur yang digunakan untuk melaut. Daerah perbatasan di Kepri ini sangat berpotensi jika dijaga, dikelola dan diberdayakan dengan baik untuk SDM kita, maka dengan itu perlu kita tekankan pada pemerintah agar meningkatkan perekonomian para nelayan, khususnya nelayan Kepri.

 

Oleh : San Morghen Sitorus

Mahasiswa Fisip Umrah

0 Reviews

Write a Review

ione

Read Previous

Mencegah Budaya Asing Masuk di Indonesia, Khusunya Daerah Perbatasan

Read Next

Pengembangan Infrastruktur Perbatasan