• September 28, 2020

Hari Pahlawan, Heningkan Cipta 60 Detik

BATAM, IsuKepri.Com — Memperingati Hari Pahlawan, pemerintah mewajibkan seluruh warga Negara Indonesia mengheningkan cipta serentak secara Nasional, Sabtu (10/11) pukul 08.15 WIB. Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Ardiwinata menyatakan, Kementerian Sekretaris Negara sudah mengeluarkan petunjuk pelaksanaan hening cipta serentak nasional tersebut. Ini sebagai bentuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan Negara.

Pemerintah berharap agar masyarakat berperan serta dalam Peringatan Hari Pahlawan dengan cara menyebarluaskan nilai-nilai kepahlawanan, menggugah hati orang untuk berbuat yang bermanfaat bagi kemajuan negeri, katanya.

Menurut Ardi, hening cipta dilaksanakan secara serentak dari tingkat pusat sampai daerah. Di pusat, pada upacara ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama ditandai dengan bunyi sirine selama satu menit.

Sedangkan di tingkat Provinsi dan Kota/Kabupaten dilaksanakan pada upacara bendera di halaman kantor Gubernur/Kota/Kabupaten serta di kantor-kantor instansi pemerintah, swasta dan lainnya. Di tingkat Kecamatan/Kelurahan/Desa pada upacara bendera di tempat upacara.

Imbauan ini juga berlaku bagi pengendara kendaraan di jalan raya dan masyarakat, sebut Ardi.

Ardi menegaskan, setiap orang yang mendengar tanda-tanda dimulainya hening cipta, wajib menghentikan kegiatan selama 60 detik. Pengheningan cipta juga dilakukan di tempat umum, seperti pasar, pelabuhan dan bandara, rumah, sekolah, kantor, pabrik dan lainnya. Guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawan, melestarikan dan memasyarakatkan nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial untuk dapat dihayati, diamalkan dan didayagunakan.

“Semoga ini bisa menjadi bagian dari sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari segenap bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta untuk menanamkan dan mengembangkan jiwa, semangat serta cita-cita para Pahlawan di kalangan masyarakat dalam mensukseskan pembangunan nasional,” pungkasnya. (r)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Arusukmono Jabat Komandan Guskamlaarmabar

Read Next

Penggalangan Dana Viola Terus Mengalir