• September 18, 2020

\”TKI On Sale\” Ulah Agen Haram

” Jadi benda ini amat susah di kawal, tetapi kerajaan (Malaysia) memang tidak membenarkan. Ini ulah agen-agen yang haram,”  Ujar Nizam

Nasional, IsuKepri.com – Pemerintah Malaysia membenarkan keberadaan iklan “TKI On Sale” yang tersebar di beberapa titik keramaian di Malaysia. Hal ini dibenarkan langsung oleh Konsuler Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta Raja Nizam beberapa waktu lalu.

Ketika di wawancari oleh beberapa media cetak dan online, Nizam mengatakan bahwa pemerintah Malaysia tidak membenarkan iklan penjualan manusia tersebut.

“Benar itu, kebenarannya memang ada. Tetapinya bercanggah dengan memorandum yang ditandatangani pada 2006 atau 2011. Memang dari dulu pihak Pemerintah Malaysia tidak menyokong perkara ini. Tapi ini dibuat secara izin-izin yang haram (ilegal), ” ujar Nizam.

Nizam menambahkan bahwa pihak kerajaan Malaysia tidak membenarkan beredarnya iklan tersebut, namun keberadannya memang sangat sulit untuk dipantau.

” Jadi benda ini amat susah di kawal, tetapi kerajaan (Malaysia) memang tidak membenarkan. Ini ulah agen-agen yang haram,” tegasnya.

Namun Nizam menolak jika hal ini merupakan sebuah upaya perdagangan manusia. Dia menekankan bahwa hal ini hanya merupakan ulah agen/orang-orang tertentu yang ingin mendapatkan keuntungan dengan bisnis TKI.

” Saya rasa tidak. Ini semacam agen (tenaga kerja) yang ingin over pekerja (memindahkan pekerjanya/tenaga kerja), tetapi caranya itu tidak betul. Karena dia secara ilegal menampang (beriklan) di jalan-jalanan,” tutur Raja Nizam.

Sebelumnya, Staf Khusus Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dita Indah Sari membenarkan adanya selebaran obral TKI itu. Bahkan promo itu juga dilakukan melalui internet.

Kemenakertrans akan mengirim surat kepada Pemerintah Malaysia untuk mengklarifikasi temuan itu. Menurut pihak Kemenaketrans hal ini bukan ulah pemerintah Negeri Jiran, tapi dilakukan oleh agen tenaga kerja nakal. Kendati demikian, tindakan tegas harus tetap diberlakukan. (Slk)

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

DRP AS Incar Ahmadinejad

Read Next

Iklan \” TKI ON SALE \” Mencenderai Bangsa Indonesia