Pemilukada Jangan Sampai Memecah Belah Persatuan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemilukada Tanjungpinang dipantau oleh Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan. Hal ini diungkapkan oleh Brigjen TNI Toto S Moerasad, Asisten Deputi Pengelolaan Pemilu Kemenko Polhukam di Tanjungpinang, Selasa (23/10).

” Kami mencari data dan mengambil data yang sebenarnya mengenai situasi pemilihan kepala daerah di Tanjungpinang, ” ujar Toto.

Toto mengatakan Kemenko Polhukam bukan hanya memantau langsung proses Pilkada di Tanjungpinang, tetapi juga disejumlah daerah lainnya di Indonesia.

“Ada beberapa sampel daerah selama 2012 yang kami ambil untuk memberikan masukan kepada Menko Polhukam terhadap aturan yang sudah ada. Benar tidak aturannya, bisa tidak dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Dalam pertemuan dengan KPU dan Panwaslu Tanjungpinang, Toto menyampaikan lima arahan penting yang diharapkan bisa dijalankan dalam pemilihan kepala daerah.

Yaitu, pertama jangan memecah belah persatuan, karena itu bukan tujuan dan harus tetap berada dalam koridor NKRI. Kedua, Pilkada kada bukan tujan akhir untuk menjadi pemimpin, jadikan untuk demokrasi (tidak anarkis) serta harus siap menang dan siap kalah.

Ketiga, mengharapkan tidak terjadi bias ditengah-tengah masyarakat agar tidak menimbulkan konflik. Keempat, Pilkada diharapkan bisa mempercepat desentralisasi di daerah yang tujuannya menciptakan demokratis dan mensejahterakan masyarakat.

Terakhir yang kelima sebagai tolak ukur keberhasilan kesadaran politik masyarakat.

“Diharapkan dengan lima poin tersebut masyarakat semakin cerdas berpolitik dan bisa mewujudkan demokrasi yang baik,” pungkasnya. (Ant/Slk)

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Raja Ariza Gantikan Azirwan

Read Next

Sambut Sumpah Pemuda, Mahasiswa Kepri Kaji Pancasila