• September 29, 2020

Mubaligh Jangan Jadi Provokator

Mubaligh harus mampu menyikapi perkembangan ajaran-ajaran agama Islam. Mengingat saat ini, sudah mulai banyak berkembang aliran-aliran agama yang dikhawatirkan mengganggu ketentraman masyarakat.

 

BATAM, IsuKepri.Com — Ketua Persatuan Mubaligh Batam (PMB), Zulkarnaen Umar mengharapkan meningkatnya peran mubaligh di tengah umat. Setiap mubaligh dituntut memiliki kemampuan dalam menenangkan masyarakat, ketika terjadi pergolakan dan konflik di masyarakat.

“Mubaligh jangan jadi provokator dan harus mampu menyelesaikan masalah sekecil apapun, ujarnya dalam pelatihan PMB 2012 di Hotel Harmoni One Batam Centre, Selasa (16/10/2012).

Selain itu, lanjut Zulkarnaen, Mubaligh juga harus mampu menyikapi perkembangan ajaran-ajaran agama Islam. Mengingat saat ini, sudah mulai banyak berkembang aliran-aliran agama yang dikhawatirkan mengganggu ketentraman masyarakat.

“Mubaligh harus kritis melihat kondisi masyarakat dan segera laporkan ke PMB, MUI ataupun Kementerian Agama jika melihat ada perbedaan ajaran agama yang berpotensi meresahkan masyarakat,” katanya.

Pelatihan PMB 2012 dibuka secara resmi oleh Walikota Batam, Ahmad Dahlan. Kegiatan yang diselenggarakan bagian dari Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemko Batam ini diikuti sebanyak 100 mubaligh yang berasal dari daerah hinterland maupun mainland.

Kepala Bagian Kesra Pemko Batam, Alwi AR menyatakan, kegiatan dimaksudkan untuk menyatukan gerak langkah serta persepsi para Mubaligh di Batam dalam membangun Batam menjadi dunia yang madani. Pelatihan ini juga untuk memberikan pembekalan bagi para Mubaligh dalam membina akhlak para generasi muda yang agamis, katanya.

Sementara itu, Ahmad Dahlan berpesan agar para pendakwah selalu mengingatkan masyarakat akan pentingnya ilmu agama bagi anak-anak. Beri kesadaran pada para orang tua untuk mendidik anak-anak mereka ilmu agama tapi bukan berarti harus masuk pesantren, jelasnya.

Sebagai daerah dengan masyarakat multietnis, Dahlan juga mengingatkan agar para pendakwah memiliki wawasan yang luas. Karena semakin beragam dan kompleksnya masalah sosial yang ada di Batam.

berdakwah di Batam, perlu strategi yang khusus. Ditunjang dengan kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni serta ilmu yang komprehensif. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Sebuah Taksi Terbakar di Perumahan Aviari

Read Next

Bursa Kerja di Politeknik, Berakhir Hari Ini