Luncurkan Parkir Berlangganan, Dua Bulan Target Rp3 Miliar

Untuk bus atau truk Rp300 ribu per tahun, mobil penumpang/van/pick-up/taksi Rp250 ribu per tahun dan sepeda motor (roda dua dan roda tiga) Rp100 ribu per tahun.

 

BATAM, IsuKepri.Com — Pemerintah Kota Batam menargetkan pendapatan Rp3 miliar dari peluncuran parkir berlangganan mulai Senin (29/10/2012). Tenggat waktu target hingga akhir Desember 2012 ini akan diperoleh dari 70 ribu stiker parkir berlangganan yang akan diedarkan.

“Secara keseluruhan telah disiapkan sekitar 70 ribu stiker parkir berlangganan bagi warga Batam. Dan mulai diberlakukan bagi pegawai di lingkungan Pemko Batam wajib menggunakan stiker parkir berlangganan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Zulhendri di Batam Centre, kemarin.

Parkir berlangganan tahunan, jelas Zulhendri, dilakukan guna meningkatan pendapatan asli daerah yang selama ini belum tergarap secara optimal. Dengan parkir berlangganan, pemilik kendaraan tidak perlu lagi membayar kepada juru parkir setiap parkir di tepi jalan umum. Sedangkan untuk parkir di perparkiran swasta, seperti mall, pemilik kendaraan tetap harus membayar sesuai ketentuan.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan stiker parkir berlangganan, dapat mendatangi tempat pelayanan di lobbi dasar kantor Walikota dan UPTD pelayanan parkir di Dinas Perhubungan Kota Batam. Pelayanan diberikan pada jam kerja dengan menunjukkan surat tanda nomor kendaraan (STNK) bermotor.

Besaran biaya stiker parkir berlangganan tahunan ini bervariasi, sesuai jenis kendaraan. Untuk bus atau truk Rp300 ribu per tahun, mobil penumpang/van/pick-up/taksi Rp250 ribu per tahun dan sepeda motor (roda dua dan roda tiga) Rp100 ribu per tahun.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan menyatakan, pemberlakuan parkir berlangganan merupakan pilihan bagi masyarakat. Sehingga tidak perlu lagi menyiapkan uang receh setiap parkir di tepi-tepi jalan umum.

“Ini tidak wajib, hanya pilihan bagi masyarakat saja. Silakan pilih mau yang bayar langsung atau dengan langganan tahunan,” katanya. (r)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Tolak Blue Bird, Besok Taksi Kepung Kantor Walikota

Read Next

Butuh Bantuan, Bocah Penderita Leukimia