• September 21, 2020

Handarlin Harapkan Komitmen SAA untuk Tepat Waktu

BATAM, IsuKepri.Com — Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Handarlin Umar mengharapkan komitmen Saudi Arabian Airlines (SAA) untuk melayani penerbangan sesuai jadwal yang disepakati. Baik saat pemberangkatan seluruh jamaah haji menuju tanah suci, hingga proses pemulangan dari Arab Saudi.

“Kita melihat SAA menunjukkan komitmennya untuk melayani pemberangkatan jamaah haji Embarkasi Batam dengan baik. Kita harap ini terus dijaga selama pemberangkatan hingga masa kepulangan jamaah haji nantinya,” kata Handarlin Umar di Batam Centre, Jumat (28/9/2012).

Menurut Handarlin, komitmen yang ditunjukkan SAA ini terlihat dari catatan penerbangan yang telah dilalui hingga 8 kelompok terbang (kloter). Baru satu kali SAA terbang ke Arab Saudi tidak tepat waktu yang disebabkan alasan keamanan, yaitu tidak amannya wilayah udara di Colombo karena dipakai latihan perang.

“Sehingga menyebabkan penerbangan Kloter 1 Embarkasi Batam tertunda hingga 6 jam,” imbuhnya.

Namun, untuk kloter-kloter lain tidak mengalami permasalahan berarti. Seperti kloter 8 Embarkasi Batam yang justru berangkat lebih awal dari jadwal.

Padahal saat pemberangkatan kloter 8, wilayah Batam dilanda hujan sejak sore hari. Bahkan hingga saat-saat pesawat hendak tinggal landas, hujan masih membasahi sisi runway Bandara Hang Nadim, namun proses pemberangkatan berjalan dengan lancar.
“SAA take off dengan baik pukul 21.45 WIB, lebih cepat 20 menit dari jadwal, pukul 22.05 WIB,” katanya.

Handarlin menyebutkan, maskapai yang berbasis di Jeddah ini telah menyiapkan armada khusus untuk penerbangan selama musim haji. Di Bandara Hang Nadim Batam, ketika melayani jamaah haji Embarkasi Batam, armada SAA telah grounding pada pukul 19.00 WIB. Padahal penerbangan baru akan dilaksanakan pada pukul 22.05 WIB mulai kloter 2 hingga kloter 22.

Kondisi grounding yang lebih awal akan membuat penerbangan selalu berjalan tepat waktu. Dan dalam setiap penerbangan, SAA menyiapkan 14 orang air crew, termasuk pilot dan co pilot yang siap melayani jamaah haji.

Meskipun SAA adalah maskapai penerbangan internasional yang berbasis di luar negeri, namun dalam melayani jamaah haji Embarkasi Batam, SAA telah menyiapkan pramugari dan pramugara asal Indonesia. Hal ini dilakukan untuk dapat memberikan layanan terbaik, mengingat jamaah haji Indonesia, termasuk Embarkasi Batam adalah para orang tua yang tidak memahami bahasa Inggris dan bahasa Arab dengan baik. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Kepongahan Pengusaha, Jerit Bagi Nelayan

Read Next

Bupati Kampar Tinjau Katering Embarkasi