• September 28, 2020

Gelombang I Berangkatkan 7.161 Calhaj ke Tanah Suci

BATAM, IsuKepri.Com — Gelombang I Embarkasi Haji Batam, telah memberangkatkan sebanyak 7.161 calon haji (Calhaj) ke tanah suci. Jamaah calon haji (JCH) gelombang I terbagi dalam 16 kelompok terbang (kloter) dan telah diberangkatkan hingga Jumat (5/10/2012) kemarin.

“Saat ini, Embarkasi Haji Batam mulai memberangkatkan JCH gelombang kedua, mulai kloter 17 sampai kloter 22,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Handarlin sebagaimana disampaikan Wakil Sekretaris I, Alikek di Batam Centre, Sabtu (6/10/2012).

Alikek menjelaskan, JCH gelombang I merupakan JCH asal Provinsi Kepri, Riau dan Jambi. Sedangkan JCH asal Kalimantan Barat, tergabung dalam pemberangkatan gelombang kedua. Meski demikian, dalam kloter 22 nantinya, juga akan terdiri dari JCH asal tiga Provinsi gelombang I, Provinsi Kepri, Riau dan Jambi.

Terdapat perbedaan pemberangkatan dan kepulangan jamaah haji Embarkasi Batam gelombang I dan kedua. Dimana dalam gelombang I, JCH diberangkatkan dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Bandara Amir Mahmud bin Abdul Azis, Madinah. Sedangkan gelombang kedua, JCH diberangkatkan dari Bandara Hang Nadim menuju Bandara King Abdul Azis, Jeddah.

“Sementara saat kepulangan dari tanah suci, jamaah haji gelombang pertama akan diterbangkan dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah dan gelombang kedua akan diterbangkan dari Bandara Amir Mahmud bin Abdul Azis, Madinah menuju Bandara Hang Nadim Batam,” jelas Alikek.

JCH gelombang kedua kloter 17 asal Provinsi Kalimantan Barat sudah memasuki Asrama Haji Batam Centre sejak Jumat (5/10). Keberangkatan JCH kloter 17 asal Kota Pontianak dan Kabupaten Pontianak menuju Embarkasi Batam sempat tertunda sekitar satu jam akibat kondisi Kota Pontianak yang tertutup kabut asap.

Pemberangkatan calon jamaah haji dari Pontianak ke Batam menggunakan pesawat Boeing 737 seri 400 Batavia Air dengan kapasitas penumpang 160 orang. Pemberangkatan pertama (kloter 17) dimulai hari Jumat, 5 Oktober 2012 pukul 07.10 dan berakhir pada hari Rabu (kloter 22), 10 Oktober 2012 pukul 07.10. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Inilah 29 Jamu Tradisional Berbahaya

Read Next

Heboh, Seekor Buaya Ramaikan Dragon Boat Race