• September 27, 2020

\”Sutan Mahmud Mangkat di Bulang\” Akan Dipentaskan di Malaysia

BATAM, IsuKepri.Com — Teater “Sutan Mahmud Mangkat di Bulang” akan pentas dalam Malam Budaya Melayu 2012 di Kampung Danga, Pulai, Johor Bahru Malaysia. Sesuai undangan dari UMNO Cawangan Danga dan anggota Dewan Undangan Negeri (semacam DPRD), tim teater akan pentas pada 15 September 2012.

“Sekitar 40 tim teater yang terdiri atas pemain dan pendukung, rencananya akan diberangkatkan ke Johor, Malaysia pada 14 September 2012,” ungkap Pengurus Batam Bisa Production, Said Abdullah di Cafe Status Green Land Batam Centre, Senin (10/9/2012).

Said Abdullah menjelaskan, undangan yang dilayangkan pihak Johor, Malaysia ini berawal dari pagelaran budaya “Pentas Bulan Mengambang” oleh Batam Bisa Production. Saat melihat pertunjukan yang dilaksanakan di sejumlah daerah hinterland ini, mereka merasa tertarik untuk dapat mementaskannya di Malaysia.

Turut berangkat memenuhi undangan ke Malaysia, Anggota DPD RI dapil Kepri, Hardi Hood. Beliau juga merupakan sponsor bagi keberangkatan tim teater untuk menampilkan budaya Indonesia di Malaysia.

Selama ini, hubungan budaya antar Malaysia dan Indonesia, terutama Batam terjalin dengan baik. Beberapa kali, sanggar budaya dari Batam sering diundang tampil di ajang pagelaran budaya di Malaysia.

“Bagi Batam Bisa Production, ini penampilan perdananya untuk di Malaysia. Kita berharap melalui gelaran budaya ini dapat meningkatkan harmonisasi antara Malaysia dan Indonesia,” jelas Said.

“Sutan Mahmud Mangkat di Bulang” diantaranya akan menceritakan hari-hari terakhir menjelang wafat. Sutan Mahmud wafat ditikam oleh Megat Sri Rama, Panglima Kerajaan yang dipimpinnya. Megat Sri Rama juga berjuluk Panglima Bentan.

Jasad Sutan Mahmud kemudian dimakamkan di salah satu daerah di Kota Tinggi Malaysia. Namun sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Sutan Mahmud sempat bersumpah, agar keturunan Panglima Bentan tidak menginjakkan kakinya di tanah Johor hingga 7 turunan. Jika sampai itu terjadi, maka keturunan Panglima Bentan akan muntah darah.

“Sumpah itu masih berlaku hingga sekarang,” katanya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Trailer Terbaru Twilight Saga : Breaking Dawn Part 2

Read Next

Nikmati Gurame Terbang di RM Dapur Unik