• September 18, 2020

Perbaikan Jalan Habiskan Anggaran Rp42 Miliar

BATAM, IsuKepri.Com — Pada 2012, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam, mengerjakan perbaikan jalan sepanjang 17,15 Kilometer (Km). Dengan anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp42 Miliar.

Kepala Dinas PU Kota Batam, Yumasnur mengungkapkan, anggaran ini digunakan untuk peningkatan dan perbaikan. Seperti mengaspal jalan yang belum teraspal dan memperbaiki jalan yang rusak parah.

“Terdapat sebanyak 28 paket proyek pengerjaan jalan yang dilakukan pada 2012. Dan sekarang sudah dalam tahap pengerjaan, tidak ada lagi yang masih proses lelang,” ungkap Yumasnur di Batam Centre, Kamis (13/9/2012).

Menurut Yumasnur, masih banyak jalan-jalan yang ditangani Pemerintah Kota (Pemko) Batam dengan kondisi rusak. Kerusakan ini diantaranya diakibatkan tidak adanya sistem drainese yang baik dan tonase kendaraan yang melewati jalan melebihi daya dukung jalan.

Selain itu, pertambahan panjang jalan juga terjadi akibat tingginya pertumbuhan penduduk di Kota Batam. Sehingga banyak muncul kawasan pemukiman-pemukiman baru yang disertai dengan bertambahnya fasilitas jalan.

Untuk mengurangi beban anggaran Pemko Batam dalam menangani permasalahan jalan, Dinas PU Kota Batam tengah mengusulkan penambahan jalan agar bisa masuk sebagai jalan nasional, arteri, kolektor dan jalan Provinsi. Jalan nasional merupakan jalan yang perawatannya menjadi kewenangan pemerintah pusat melalui Kementerian PU.

Sedangkan jalan arteri dan kolektor merupakan jalan yang ditangani oleh BP Batam. Dan jalan Provinsi merupakan jalan yang penanganannya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepri.

Panjang jalan di Kota Batam, saat ini mencapai lebih dari 1.000 Km. Dari panjang jalan tersebut, sekitar 400 Km merupakan jalan arteri, kolektor, nasional serta provinsi. Sisanya, sekitar 600 Km merupakan jalan lokal yang menjadi kewenangan Pemko Batam.

“Masih ada sekitar 185 Km yang kita usulkan untuk ruas jalan Provinsi dan nasional,” jelasnya.

Jika usulan ini disetujui, maka anggaran bagi pemeliharaan dan perbaikan jalan akan menjadi kewengan pemerintah pusat. Dan anggaran Pemko Batam untuk menangani ruas jalan di Btam akan semakin terbantu.

Ruas jalan nasional diantaranya jalan Batam Centre-Simpang Frangki (1,688 Km), Simpang Frangki-Simpang Kabil (1,978 Km), Simpang Kabil-Muka Kuning (3,894 Km), Muka Kuning-Simpang Tembesi (5,007 Km), Simpang Tembesi-Tanjung Berikat (7,923 Km), Simpang Kabil-Simpang Jam (3,420 Km), Simpang Jam-Simpang Sei Harapan (8,960 Km), Simpang Kabil-Simpang Punggur (6,550 Km), Simpang Punggur-Batu Besar (11,771 Km), Batu Besar-Nongsa (10,776 Km), Simpang Punggur-Telaga Punggur (10,012 Km), Simpang Tembesi-Simpang Batuaji (5,9 Km), Simpang Batuaji-Tanjung Uncang (9,4 Km), Tanjung Berikat-Simpang Sembulang (26,280 Km) dan Simpang Sembulang-Galang (30,355 Km). Total 148,029 Km dengan pengelolaan melalui anggaran pemerintah pusat. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Dishub Ingkar, Pengelola Parkir Rugi Rp1,7 Miliar

Read Next

Halal Bihalal, LAM Undang Seluruh Paguyuban