• September 30, 2020

Pemuda Hari Ini, Tolak Ukur Kemajuan Bangsa

Pemuda adalah produk system nilai yang mengalami proses pembentukan kesadaran dan pematangan identitas dirinya sebagai actor penting suatu perubahan. Betapa pentingnya peran pemuda dalam suatu Negara, sebab itulah pemuda pada dasarnya harus ada dan mutlak adanya. Sebab peran pemuda sebenarnya merupakan sosok yang paling memiliki power untuk mengarungi sendi-sendi kehidupan bangsa dan Negara kedepan. Pemuda adalah cikal bakal bangsa untuk masa yang akan datang dan juga yang menjadi harapan untuk mengeritik kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah serta mampu memberi solusi yang cerdas untuk mengatasi permasalahan-permasalahan.

Pemuda dapat dikatakan generasi pelanjut dan penerus, karena pemuda adalah penyokong sekaligus asset Negara ini. Pemuda juga merupakan generasi pengganti generasi tua yang sudah ada dan kini berperan aktif dalam pembangunan. Pemuda sangat menentukan nasib Negara ini dimasa mendatang, namun dimana sosok pemuda yang dihaparkan bangsa saat ini? Mayoritas para pemuda saat ini hanya diam, hanya peduli pada nasibnya masing-masing dan menepikan nasib akan bangsanya. Jika nasionalisme dan social para pemuda seakan memudar. Kalaupun ada yang peduli pada nasib bangsa ini, jumlahnya tidak lebih besar dari yang apatis. Rasa kebangsaan, persatuan, dan kesatuan seharusnya harus dijaga dan dipupuk dengan jiwa dan semangat sumpah pemuda. Sebagai pemuda Indonesia yang sudah menganyam bangku pendidikan , jangan kalah dengan pemuda pada masa perjuangan dulu. Jangan sampai kerja keras pemuda Indonesia pada masa perjuangan dulu terbuang percuma dengan kondisi pemuda bangsa Indonesia saat ini. Pemuda pada masa kini semangat mengisi kemerdekaannya sangatlah kecil, malah kadang merusak. Hanya karena sedikit salah paham para pemuda sekarang bisa tauran.

Masalah pemuda saat ini bukan hanya emosi yang tak terkendalikan, mereka juga bermental egois dan asik dengan dirinya sendiri tanpa memperdulikan lingkungan. Padahal pemuda sangat berperan bagi masyarakat guna untuk menumbuhkan, membangkitkan, serta memupuk rasa nasionalisme masyarakat kepada Negara. Hari ini peran pemuda seperti sirna, diabaikan oleh sebagian pemuda. Namun disisi lain, tidak semua pemuda Indonesia seperti itu. Masih ada pemuda masa kini yang berprestasi dibidang pendidikan, olahraga, teknologi, seni, dan sebagainya yang bisa mengharumkan nama bangsa. Karena yakinlah Indonesia saat ini pasti sangat merindukan para pemuda yang memiliki pemikiran yang kritis, pemuda yang aktif, pemuda yang memiliki jiwa pemberani, dan pemuda yang memiliki ide-ide luar biasa demi kemajuan bangsanya dan demi merealisasikan tujun bangsa ini.

Pemuda harus sadar bahwa masa depan bangsa dan kepemimpinan Negara ini barada ditangannya. Karakter pemuda sangatlah menentukan bagaimana bangsa ini kedepannya. Hal ini diperkuat dengan sejarah yang menunjukkan bahwa momentum-momentum penting pergerakan sejarah bangsa Indonesia tidak lepas dari peran para pemuda. (One)

Ditulis oleh : Masirwan ( Mahasiswa FISIP Umrah )

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

DMI Gelar Silaturahim dan Dialog Dakwah

Read Next

Dilepas Waktu Maghrib, JCH Jama\’ Sholat