• September 21, 2020

Kepri Hanya Dapat 6 Kuota Tambahan Haji

BATAM, IsuKepri.Com — Berbeda dengan musim haji tahun sebelumnya, kuota tambahan haji Provinsi Kepri musim haji 2012 melorot drastis. Dalam penyelenggaraan ibadah haji 2012, Kepri hanya mendapat 6 kuota tambahan haji. Padahal pada musim haji 2011 lalu, Kepri mendapatkan sebanyak 103 kuota tambahan haji.

Menjelang musim haji 2012, Kanwil Kemenag Provinsi Kepri juga telah mengajukan kuota tambahan sebanyak 500 calon jamaah haji (CJH). Pengajuan kuota tambahan haji ini dilakukan melalui persetujuan Gubernur dan DPRD Provinsi Kepri, karena tingginya daftar tunggu (waiting list) CJH di Provinsi Kepri.

“Tapi jangankan kuota tambahan itu dibahas oleh pihak Saudi, disentuh pun belum,” kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepri, Handarlin usai Pelantikan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam dan Meal Test Presentation di Asrama Haji Batam Centre, Rabu (12/9/2012).

Handarlin menjelaskan, kuota tambahan ini merupakan sisa kuota nasional atas masih belum adanya CJH yang belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) hingga batas terakhir, 7 September 2012 lalu. Kuota CJH Provinsi Kepri dalam musim haji 2012 sebanyak 992 orang.

Pada pelunasan tahap pertama, terdapat 34 CJH yang belum melunasi BPIH. Selanjutnya dalam masa perpanjangan tahap kedua, tinggal 3 CJH yang belum melunasi BPIH.

Selain itu, juga terdapat 4 CJH Provinsi Kepri yang melakukan mutasi ke Embarkasi Haji lain. Sehingga hanya 985 CJH yang telah memenuhi kuota dan masih perlu 7 CJH untuk memenuhi kuota.

“Sisa kuota, dikembalikan ke pusat dan menjadi kuota nasional,” ungkap Handarlin

Sementara itu dari kuota nasional, Provinsi Kepri mendapatkan pengembalian kuota tambahan bagi CJH berusia diatas 87 tahun. Berdasarkan data, terdapat sebanyak 3 CJH berusia 87 tahun di Provinsi Kepri yang akhirnya masuk kuota tambahan.

Masing-masing dari 3 CJH berusia 87 tahun keatas tersebut akan diberangkatkan bersama pendamping. Sehingga total ada 6 CJH yang masuk melalui kuota tambahan. Sebanyak 3 CJH kuota tambahan tersebut terdiri atas seorang CJH berusia 90 tahun dari Kota Batam serta dua orang CJH berusia 87 tahun dari Kabupaten Natuna dan Karimun.

“Batas waktu pelunasan BPIH bagi CJH kuota tambahan atau CJH lanjut usia adalah 12-14 September 2012,” jelas Handarlin.

Dalam musim haji tahun ini, Embarkasi Batam akan memberangkatkan sebanyak 9.882 CJH yang terbagi dalam 22 kelompok terbang (kloter). Terdiri atas CJH asal Provinsi Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepri, Amhar Ismail berharap, para penyelenggara haji Embarkasi Haji Batam dapat memberikan pelayanan lebih baik dan profesional kepada CJH. Sehingga predikat Embarkasi Haji Batam sebagai embarkasi haji terbaik dapat kembali diraih dalam musim haji tahun ini.

“Para petugas harus memberikan pelayanan yang ramah, santun dan profesional yang merupakan salah satu kunci bagi kesuksesan pelayanan penyelenggaraan haji,” kata Amhar usai melantik 23 PPIH Embarkasi Batam. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Freya Band, Siap Mewarnai Blantika Musik Indonesia

Read Next

Juventus Menginginkan Jasa Theo Walcott dan Luis Nani