• September 25, 2020

Harry : Golkar Tidak Instruksikan Kadernya Dukung Pemekaran Daerah

Tanjungpinang, Isukepri.com – Partai Golkar tidak pernah menginstruksikan kader untuk memperjuangkan ataupun mendukung pemekaran daerah, kata fungsionaris DPP Partai Golkar Harry Azhar Azis.

“Apa yang dilakukan kader Partai Golkar di daerah itu merupakan kreasi, aktivitas pribadi yang tidak diintervensi oleh partai,” ungkapnya di Tanjungpinang, Rabu.

Sementara di Provinsi Kepulauan Riau, beberapa rencana pemekaran daerah didukung oleh kader Partai Golkar, seperti rencana pemekaran Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, yang didukung Bupati Bintan Ansar Ahmad yang juga Ketua DPD Partai Golkar Kepri.

Sedangkan rencana pemekaran Natuna Barat dan Natuna Selatan dari Kabupaten Natuna diperjuangkan oleh dua anggota DPRD Natuna dari Fraksi Golkar.

Namun rencana pemekaran Kecamatan Kundur, Karimun menjadi kabupaten, belum terlihat peranan kader Golkar yang menjabat di kepala daerah maupun anggota legislatif.

“Yang dilakukan kader Golkar itu juga tidak dilarang, sepanjang perjuangan tersebut untuk kepentingan masyarakat,” ujar anggota DPR itu.

Ia mengatakan, rencana pemekaran daerah yang mengalami kemajuan dalam proses pengesahannya adalah Natuna Barat. Kedua daerah itu sudah membentuk organisasi untuk memperjuangkan pembentukan Kabupaten Kepulauan Natuna Barat.

Sementara rencana pemekaran di daerah lainnya masih membutuhkan waktu yang panjang, karena belum melengkapi kajian akademis.

“Organisasi yang memperjuangkan Kundur sebagai kabupaten sudah dibahas Komisi II DPR, sedangkan Bintan Utara belum dibahas. Tetapi yang perlu diingat adalah rencana pemekaran di kawasan perbatasan diprioritaskan pemerintah pusat,” katanya.

Harry mengungkapkan, saat ini jumlah kabupaten/kota di Indonesia sebanyak 492. Sementara rencana pemekaran kabupaten/kota yang dibahas di DPR hanya 18 rancangan perundang-undangan dan satu rancangan perundang-undangan pembentukan Provinsi Kalimatan Utara.

“Pemakaran daerah tidak merugikan pemerintah pusat. Dampaknya hanya pada pembagian dana transfer dari pusat ke daerah,” ungkapnya. (Ant)

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Anas Optimis, Demokrat Mendulang Emas 2014

Read Next

Pemain dengan 100 Gol Tercepat di Liga Premiere Inggris