• September 29, 2020

DPS Ganda Akan Segera di Refisi

Tanjungpinang, Isukepri.com – Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilukada Tanjungpinang akan direfisi jika temuan pemilih ganda benar. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pokja Pemilih KPU Tanjungpinang, Zulkifli Riawan, Jumat (31/08).

Sebelumnya telah diberitakan terkait temuan yang dilakukan Panwaslu Kota Tanjungpinang, dimana telah ditemukan sekitar 653 pemilih ganda.

“Panwaslu Tanjungpinang telah menyerahkan daftar nama pemilih ganda kepada kami, dan kami telah memerintahkan petugas pemungutan suara untuk menelusurinya,” kata Zulkifli Riawan.

Zulkifi mengatakan akan memperbaiki jika temuan DPS ganda sesuai dengan fakta dilapangan. Dia juga menambahkab bahwa nama ganda pada DPS berpotensi terjadi, meski KPU Tanjungpinang melibatkan pengurus RT untuk mendata pemilih berdasarkan daftar penduduk potensial pemilih pilkada (DP4). Untuk meminimalisir kesalahan pada daftar pemilih dibutuhkan peran serta pemerintah, Panwaslu dan seluruh elemen masyarakat.

“Kami memberi apresiasi kepada Panwaslu Tanjungpinang yang telah bekerja keras untuk membantuk mengawasi sekaligur memperbaiki daftar pemilih sementara sebelum ditetapkan sebagai pemilih tetap,” katanya.

Zulkifli mengatakan, jumlah warga yang terdaftar sebagai pemilih sementara sebanyak 153.042 orang. Sementara berdasarkan DP4 jumlah pemilih sekitar 157.000 orang.

Sedangkan daftar pemilih tambahan sebanyak 1094 orang. Daftar pemilih tetap yang dilaksanakan 9 September 2012 bersumber dari DPS dan daftar pemilih tambahan.

“Perbaikan dapat dilakukan sebelum penetapan pemilih tetap,” ungkapnya. (Ant/Slk)

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Atletico Madrid Juara Piala Super Eropa 2012

Read Next

Penetapan Pemilih Tambahan Langgar Administrasi Tahapan Pilkada