Dilepas Waktu Maghrib, JCH Jama\’ Sholat

BATAM, IsuKepri.Com — Jamaah calon haji (JCH) kelompok terbang (kloter) 3 meng-akhir-kan pelaksanaan sholat maghrib karena harus mengikuti prosesi pelepasan. Pelaksanaan sholat maghrib dilakukan dengan jama”‘ takhir yang digabungkan waktunya dengan sholat Isya”‘.

Di jama”‘nya sholat maghrib dengan sholat Isya”‘ ini, dikarenakan jadwal prosesi pelepasan diantara sholat Maghrib dan Isya”‘ sekitar pukul 18.30 WIB. Waktu yang berdekatan dengan masuknya jadwal sholat Maghrib ini dirasakan tidak akan terkejar jika para JCH harus melaksanakan sholat Maghrib tepat waktu.

“Mengingat waktu sholat Maghrib sangat singkat, maka sholat Maghrib bisa dijama”‘ nanti di Bandara Hang Nadim,” kata Ketua Kloter 3, Zultapi menjelang prosesi pelepasan di Asrama Haji Batam Centre, Sabtu (22/9/2012).

Terkait teknis pelaksanaan, lanjut Zultapi, tergantung keyakinan para JCH. Tidak ada persoalan apakah harus sholat Maghrib dulu atau Sholat Isya”‘ dulu, tetap sah.

“Yang tidak sah yang tidak sholat,” katanya.

Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Batam, Zulkifli Aka menyatakan, kloter 3 Embarkasi Haji Batam akan menerbangkan sebanyak 447 JCH asal Provinsi Jambi. Terdiri atas JCH asal Kota Jambi, Batanghari dan Muaro Jambi serta petugas.

“Sesuai jadwal, JCH kloter 3 akan take off dari Bandara Hang Nadim pada 22 September 2012 pukul 22.05 WIB,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam ini.

Wakil Bupati Batanghari, Sinwan berpesan agar para JCH menjaga kesehatan selama di tanah suci. Serta menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesia.

“Jaga nama baik jamaah Indonesia selama di tanah suci dan tetap dalam kelompok agar tidak tersesat,” katanya saat melepas JCH kloter 3.

Pada hari yang sama, Embarkasi Haji Batam kedatangan JCH kloter 4 asal Provinsi Jambi. Salah satunya JCH asal Tanjung Jabung (Tanjab) Barat yang disambut dengan iringan kompang saat tiba di pelabuhan Domestik Sekupang.

Berbeda dengan kloter sebelumnya, 1 dan 2 yang mengalami keterlambatan keberangkatan, kloter 3 berangkat tepat waktu. Pesawat Saudi Arabian Airlines yang membawa 447 jamaah calon haji take off pukul 22.05 WIB sesuai jadwal.

Sementara sebelumnya, kloter 1 mengalami keterlambatan hingga 6 jam 20 menit dari seharusnya pukul 10.00 WIB. Sedangkan kloter 2 mengalami keterlambatan sekitar 1 jam lebih dari seharusnya berangkat pukul 22.00 WIB pada Jumat (21/9/2012) kemarin.

Sampai kemarin, sebanyak 3 kloter sudah diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Batam menuju Madinah Al Munawarah dengan total jamaah haji 1.343 orang. JCH Kloter 3 BTH dari Kota Jambi 126 jamaah, Kabupaten Batang Hari 157 jamaah, Kabupaten Muaro Jambi 159 jamaah ditambah petugas kloter 5 orang, dijadwalkan tiba di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada tanggal 23 September 2012 pukul 02.55 WAS (dini hari).

Dan menurut jadwal pula, jamaah haji kloter tiga akan tiba kembali di tanah air pada 2 Nopember 2012 pukul 11.30 WIB. Berdasarkan hasil Qur’‘ah Maktab yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, selama berada di Makkah JCH Kloter tiga akan menempati wilayah Misfalah dengan nomor Maktab 46 dan nomor rumah 423. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Pemuda Hari Ini, Tolak Ukur Kemajuan Bangsa

Read Next

Warga Meranti Batam Siap Jadi Mitra Pemerintah