• September 29, 2020

Bengkel Sabda Foundation akan Berdayakan Pulau Mubut

Citizen Journalism, Isukepri.com – Batam memiliki budi daya laut yg berpotensi, dinikmati para pengunjung untuk berwisata dan menginap dilokasi pantai yg sungguh exsotis. Sebut saja pantai Mabut yag hingga saat ini masih belum terjamah. Secara bertahap Bengkel Sabda Foundation bersama warga sekitar akan merencanakan paket berkunjung ke Pulau Mubut. Setiap pengunung akan difasilitasi dan tentunya akan disajikan keindahan alam serta keramahan masyarakat sekitar.

Melalui beberapa kegiatan BSF, maka beberapa informasi menarik dihimpun dalam berita Citizen Jornalism dibawah ini. Bengkel Sabda Foundation sebagai komunitas yang mencoba untuk bisa perduli dengan sesama manusia, maka kegiatan yang bersinggungan dengan alam dan makhluk hidup dirasa akan meningkatkan kepedulian kepada manusia, alam dan penciptanya.

Kemping ke alam bebas..?

Kemping ke alam bebas merupakan agenda rutin yang sengaja dipersiapkan oleh BSF. Kemping sengaja dilakukan untuk dapat bersahabat dan berkomunikasi dengan alam bebas, dengan sentuhan hangat dari manusia yang bisa menikmati dan mengabadikan keindahan alam tersebut, dapat menjadi sarana untuk dapat mengenal alam yang tidak ada kebohongan, hedonis, dan beragam gemerlap dunia. Kita akan benar-benar merasakan bagaimana kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, menyatu dengan alam perlu untuk dicoba agar kita mengerti betul keterkaitan antara manusia dan alam itu sendiri. Sehingga dengan mengetahui hal yang demikian itu, kita dapat mengerti betapa pentingnya alam terhadap manusia dan begitupun sebaliknya. Kedua-duanya mempunyai ketergantungan, manusia menjadikan alam sebagai tempat tinggal dan alam menjadikan manusia sebagai penjaga dan pelestari keindahan alam itu sendiri.

Pulau Mubut Darat, sebuah pulau kosong yang terlantar. Sebagian besar sisi pulaunya dipenuhi hutan bakau yang masih tak tersentuh. Tempat bernaungnya ekosistem payau. Ikan, ketam, burung camar, dan pohon bakau sendiri sebagai penjaga daratan dari abrasi. Pulau Mubut laut & Pulau mubut darat yang dapat ditempuh sekitar 20 menit dengan menggunakan perahu motor (pompong) dari kawasan Sembulang. Sedangkan Sembulang sendiri terletak di Pulau Rempang berjarak tempuh sekitar 1 jam dari Batam ke arah selatan dengan menggunakan kendaraan.

Pasir putihnya yang begitu indah dan hangat membuat betah untuk berlama-lama tidur di atasnya. Berguling-guling, merayap, dan menimbun diri. Ombaknya yang dua sisi, sisi ombak besar di barat dan sisi ombak kecil di timur membuat daya tarik tersendiri. Ketika lelah berenang di ombak besar kita bisa segera pindah ke sisi pantai lainnya yang berombak seperti di kolam renang saja.Berteriak sepuasnya, tertawa, berlari, menari, menceburkan diri ke laut, bermain-main dengan ombak, melukis di pasir, dan apapun itu kami merasa begitu bebas. Dan lagi-lagi berteriak sepuasnya ke laut yang dengan setia mengirim ombaknya ke pantai.

Banyak hal yang akan didapat saat beraktifitas di alam bebas, dan hal itu sangat bermanfaat untuk melatih kepedulian kita terhadap alam sekitar. Sehingga kita bisa mengerti betul kalau manusia mempunyai kewajiban untuk menjaga dan melestarikan alam sekitar karena ketergantungan manusia terhadap alam begitu besar. Untuk memunculkan rasa peduli ini adalah dengan beraktifitas di alam bebas sebagai langkah awal perkenalan. Tanpa adanya perkenalan terlebih dahulu, bukan tidak mungkin jika kepedulian ini tidak akan dirasakan oleh manusia selamanya.

Seperti apakah liburan yang benar-benar indah dan tidak terkesan memberi keindahan semu? Untuk menghilangkan capek dan bosan dari aktifitas sekolah maupun pekerjaan, Salah satunya adalah pergi ke alam bebas. Di sana kita bisa beraktifitas semau kita, seperti berkemping, tracking dan mungkin melakukan observasi alam sekitar. Keindahan yang disajikan oleh alam bebas merupakan keindahan sejati, berbeda dengan keindahan yang ada di dunia perkotaan yang terkesan tidak alami. Hingga sampai sekarang, masyarakat cenderung pada tempat yang berbau keramaian, kemewahan, hiburan dan segala bentuk keindahan.

BSF : Sigit Sugiarto, Idhar Birowo, Theri D Dharma, Sri Dwi Tamami, Rio Ananda Saputra

Oleh : Arreza MP

Keindahan Pulau Mubut-Batam. Potensi wisata alam ini akan diberdayakan oleh Bengkel Sabda Foundation
Keindahan Pulau Mubut-Batam. Potensi wisata alam ini akan diberdayakan oleh Bengkel Sabda Foundation
Beberapa biota laut yang menjadi daya tarik tersendiri
Beberapa biota laut yang menjadi daya tarik tersendiri
Suasana sunset di Pulau Mubut..
Suasana sunset di Pulau Mubut..

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

KANPORA Batam Gelar Seleksi BPAD & JPI

Read Next

PKMN KAHMI Gelar Halal Bihalal Nasional