• September 30, 2020

Awal Oktober, Perbaikan Jembatan VI Dimulai

BATAM, IsuKepri.Com — Pengerjaan jembatan VI Barelang, pasca tertabrak kapal Aussie I pada 6 Juni 2012 lalu segera diperbaiki. Perbaikan dilakukan setelah klaim ganti rugi kerusakan jembatan VI disetujui asuransi kapal.

“Mungkin dalam dua minggu lagi, perbaikan sudah mulai dikerjakan,” ungkap Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho di Batam Centre, Rabu (20/9/2012).

Menurut Djoko, pihak asuransi juga sudah menunjuk tim pelaksana bagi pengerjaan perbaikan jembatan VI. Penunjukan tim pelaksana dilakukan pihak asuransi berdasarkan rekomendasi yang dikeluarkan BP Batam.

Dalam klaim yang diajukan untuk perbaikan jembatan VI Barelang, BP Batam mengajukan anggaran sebesar Rp11 miliar. Klaim anggaran ini, selanjutnya dihitung secara bersama oleh pihak asuransi dan BP Batam, melalui konsultan.

“Klaim sebesar Rp11 miliar sudah disetujui semua,” katanya.

Disetujuinya klaim kerusakan Jembatan VI Barelang pasca tertabrak Kapal Aussie I ini berbeda dengan pernyataan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Zulhendri, sebelumnya. Dalam keterangannya, Ketua Tim Mediasi ganti rugi kerusakan Jembatan VI menyebutkan, pemilik kapal masih belum menyetujui klaim ganti rugi sekitar Rp17 miliar yang diajukan dalam kerugian tersebut.

Klaim ganti rugi tersebut meliputi biaya kerugian untuk memperbaiki ulang jembatan VI sebesar Rp11 miliar, kerugian masyarakat sekitar sebesar Rp5,8 miliar dan terumbu karang sekitar Rp200 juta.

“Saat ini masih negosiasi dengan owner (pemilik) kapal,” ungkapnya.

Zulhendri belum memastikan, kapan berakhirnya proses negosiasi tersebut. Karena hal itu tergantung kesepakatan yang diambil dalam musyawarah yang dilakukan. Seperti proses negosiasi yang dilakukan terkait kerugian yang dialami masyarakat sekitar, sudah dilakukan sebanyak 5 kali negosiasi.

“Namun masih belum ada keputusan yang dihasilkan dalam musyawarah itu. Tergantung dengan kesanggupan pihak owner dan hasil mediasi,” katanya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Bangunan di Row Jalan, Pemerintah Harus Tegas

Read Next

Ikuti, Pemilihan Model Indonesia Kepri