• September 27, 2020

Sholat Id Tersebar di 441 Lokasi

BATAM, IsuKepri.Com — Kementerian Agama Kota Batam menetapkan sebanyak 441 titik lokasi sholat Idul Fitri 1433 H. Lokasi sholat Idul Fitri ini tersebar di 12 Kecamatan yang ada di Kota Batam.

“Kementerian Agama juga sudah menetapkan Imam, Khatib dan Bilal dalam pelaksanaan Sholat Id di setiap lokasi,” ungkap Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata, Kamis (16/8/2012).

Ardiwinata menjelaskan, penetapan lokasi sholat Id ini berdasarkan surat yang dikeluarkan Kementerian Agama Kota Batam nomor Kd.32.05/5/BA.00/2244/2012. Terdiri atas 25 titik di Kecamatan Belakang Padang, 57 titik di Kecamatan Batu Ampar dan 29 titik di Kecamatan Lubuk Baja.
Kemudian 28 titik di Kecamatan Nongsa, 30 titik di Kecamatan Batuaji, 45 titik di Kecamatan Sei Beduk dan 41 titik di Kecamatan Sekupang. Selanjutnya 15 titik di Kecamatan Bulang, 41 titik di Kecamatan Galang, 67 titik di Kecamatan Batam Kota, 40 titik di Kecamatan Sagulung dan 48 titik di Kecamatan Bengkong.

“Lokasi sholet Id ini disesuaikan dengan kedekatan tempat tinggal, untuk memudahkan masyarakat untuk melaksanakan Sholat Id,” katanya.

Sementara untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri tingkat Kota Batam, dipusatkan di Masjid Agung Batam Centre. Walikota Batam, Ahmad Dahlan dan Wakil Walikota Batam, Rudi akan melaksanakan Sholat Id di Masjid Agung Batam Centre pada 1 Syawal 1433 H, sesuai ketetapan pemerintah.

Bertindak sebagai Khatib dalam pelaksanaan sholat Id di Masjid Agung Batam Centre adalah Marsakwan dan khatib cadangan, Dirham. Sedangkan Imam sholat Id adalah Muslim Ahmad dengan Imam cadangan, Ridho Amir dan Bilal Rasyid Ridho Muslim.

Usai menunaikan Shalat Id, Walikota Batam akan menggelar open house mulai pukul 09.00 WIB di rumah dinas Tanjungpinggir, Sekupang. Sementara Wakil Walikota menggelar Open House mulai pukul 11.00 Wib di tempat tinggalnya, Perumahan Rosedale Batam Center.

Pada malam Lebaran, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemko Batam juga akan menggelar takbir yang dipusatkan di Masjid Agung Batam Centre. Pada malam takbir ini juga akan dimeriahkan dengan pawai mobil hias. Rute yang akan dilalui saat takbir keliling, start dari Masjid Agung Batam menuju simpang kabil, Batuaji sampai Simpang Base Camp.

Peserta pawai mobil hias terdiri atas masing-masing kecamatan yang merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam dan perwakilan masjid. Kendaraan hias ini akan dilombakan dan pemenang akan diumumkan menjelang sholat Id.

Pawai takbir tertutup untuk kendaraan roda dua, hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat. Peserta pawai takbir akan dilepas Walikota Batam beserta unsur Muspida Kota Batam. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

CJH Kepri Berangkat Kloter Pertama

Read Next

8 Pejabat Eselon IV BKKBN Kepri Dilantik