• September 30, 2020

Pemko Batam Santuni 12 Panti Asuhan

BATAM, IsuKepri.Com -– Pemerintah Kota (Pemko) Batam memberikan santunan kepada 12 panti asuhan se-Batam, Kamis (9/8/2012). Penyerahan santunan yang dipusatkan di Panti asuhan Miftahul Ulum tersebut juga digelar sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-67.

Santunan Pemko Batam tahun anggaran 2012 ini diberikan kepada panti asuhan Miftahul Ulum, Fajar Cendikia Batam, Al-Risyalah Batam dan Darul Ikhwan Nahdlatul Wathan. Kemudian panti asuhan Sumber Hidayah, Nurul Ilmi Hijratul, Elsadai Abigail Batam, Elzion Grace, Pendidikan Yatim Piatu, Harapan Rabbani, Raudhatul Qur’an dan Ridho Ilahi Melcem.

Ketua panti asuhan Miftahul Ulum, Ustadz Tasmuji menyatakan, program yang dilakukan Pemko Batam ini diharapkan bisa ditiru oleh instansi lainnya. Menurut Tasmuji, dengan segala keterbatasannya, panti asuhan dapat menampung anak-anak yatim piatu serta mengikutkan mereka di sekolah dan memberikan ilmu agama.

Hal ini dalam rangka membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan menciptakan anak-anak yang berilmu pengetahuan, katanya.

Tasmuji berharap, pemerintah membantu pengurus panti asuhan untuk mengikuti pelatihan dan pendidikan untuk para pekerja sosial. Untuk bekal bagi pekerja sosial agar yang kami lakukan ini sesuai dengan aturan perundangan yang berlaku, sebutnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Batam, Kamaruzzaman mengatakan jumlah panti asuhan yang tercatat di Batam sebanyak 59 panti asuhan. Namun, karena keterbatasan anggaran, untuk tahun ini hanya 12 panti asuhan yang mendapatkan bantuan.

Tahun lalu kita juga memberikan bantuan pada 12 panti asuhan. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa digelar setiap tahun sehingga semakin banyak panti asuhan yang dapat dibantu, katanya.

Bantuan ini, sebutnya, sebagai rangsangan dan motivasi untuk para pekerja sosial dalam membantu menangani anak-anak yatim piatu. Sehingga anak-anak panti asuhan di Batam bisa mendapat lebih banyak bantuan, sebutnya.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan, panti asuhan merupakan wadah atau lembaga yang memberikan pelayanan kesejahteraan sosial kepada anak-anak terlantar. Dengan tujuan mengentaskan anak-anak terlantar sehingga mereka memperoleh kesempatan yang luas, tepat dan memadai bagi perkembangannya.

Harapannya anak-anak tersebut dapat ikut dalam pembangunan Batam dan menjadi generasi penerus bangsa, katanya.

Pemko Batam, sebut Dahlan sangat mendukung terbentuknya panti asuhan yang dapat membantu anak-anak untuk dibina menjadi generasi penerus bangsa. Anjang sana dan penyerahan bantuan ini, aku Dahlan diharapkan menjadi motivasi dan dapat menggerakan partisipasi semua pihak.

Disamping peranan pemerintah, penanggulangan masalah sosial juga tergantung kepada partisipasi seluruh komponen lapisan masyarakat baik lembaga swasta maupun organiassi masyarakat, papar Dahlan. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

5 Alasan Kenapa Chelsea Akan Memenangkan Trofi Liga Primer Inggris

Read Next

Sholat Id Dipusatkan di Alun-Alun Engku Putri