• September 27, 2020

MUI Imbau Bacakan Qunut Nazilah untuk Muslim Rohingya

BATAM, IsuKepri.Com –Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri mengimbau umat muslim membacakan Qunut Nazilah bagi muslim Rohingya. Qunut Nazilah disyariatkan dibaca saat umat muslim mendapatkan musibah besar. Imbauan dilakukan MUI Kepri dengan menerbitkan surat edaran yang diberikan ke masjid dan musholla di Kepri.

“MUI mengimbau jamaah masjid dan musholla membacakan Qunut Nazilah bagi muslim Rohingya agar mendapatkan perlindungan Allah SWT atas kezaliman dan pembantaian yang dialami,” kata Sekretaris MUI Provinsi Kepri, Zulkifli Aka, Jumat (3/8/2012).

Selain pembacaan Qunut Nazilah, dalam surat edarannya, MUI Provinsi Kepri juga mengimbau masjid dan musholla untuk melakukan penggalangan dana. Sebagai bentuk kepedulian MUI Provinsi Kepri atas nasib sesama Muslim yang tertindas di negerinya. Muslim Rohingya mengalami penderitaan dan hidup dengan ketidakjelasan di negerinya sendiri.

“MUI mengimbau jamaah masjid dan musholla turut membantu muslim Rohingya melalui penggalangan dana,” imbuhnya.

Zulkifli menjelaskan, aksi galang dana ini akan dilakukan selama bulan Ramadhan 1433 H/2012 M. Dana yang terkumpul dari penggalangan dana untuk muslim Rohingya oleh pengurus Masjid dan Musholla bisa langsung diserahkan ke kantor MUI tingkat Kabupaten/Kota.

Selanjutnya, dari MUI tingkat Kabupaten/Kota akan diserahkan ke MUI Provinsi Kepri. Untuk kemudian, hasil penggalangan dana akan dikirimkan ke MUI Pusat.

“Oleh MUI pusat lah nantinya, dana yang berhasil dikumpulkan akan diserahkan ke Muslim Rohingya,” kata Kepala Kementerian Agama Kota Batam ini.

Kepedulian atas penderitaan muslim Rohingya juga ditunjukkan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Batam. Yang akan melakukan gerakan moral kepada umat muslim bersama elemen organisasi Islam lainnya.

“HMI mengecam terjadinya kekerasan yang menyebabkan penderitaan Muslim Rohingya,” kata Ketua Bidang Pembinaan Aparatur Organisasi HMI Cabang Batam, Arif Agus S. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Buka Puasa Bersama Keluarga Besar BP Batam

Read Next

Festival Lampu Colok Karimun