• September 30, 2020

GEMPUR Galang Aksi Solidaritas Untuk Rohingya di Tanjungpinang

Tanjungpinang, Isukepri.com – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Rohingya ( GEMPUR ) melakukan aksi solidaritas di Bundaran Pamedan Tanjungpinang, Minggu (05/08).

Redha Helmi, koordinator GEMPUR mengatakan bahwa aksi yang mereka lakukan adalah bentuk solidaritas sesama muslim sekaligus mendesak pemerintah Indonesia untuk mengambil tindakan tegas terhadap pembantaian muslim Rohingya.

” Aksi ini kami lakukan untuk mendesak SBY untuk mengeluarkan pernyataan sikap terhadap pelanggar HAM muslim Rohingya.” ungkap Redha.

Aksi ini merupakan gabungan dari beberapa organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan seperti KAMMI, GMNI, PMII, Puskomda Kepri, serta Belia DMDI. Aksi juga diikuti kurang lebih 60 mahasiswa.

Dalam aksinya GEMPUR juga menyodorkan lima pernyataan sikap yakni pertama mengutuk keras tindakan zalim junta militer Myanmar yang membantai muslim Rohingya di Propinsi Arakan, Myanmar. Kedua, menuntut pemerintah Myanmar untuk mengakui kewarganegaraan etnis Rohingya dan menghentikan segala bentuk diskriminasi terhadap etnis Rohingya.

Ketiga, mendesak pemerintah Republik Indonesia untuk berperan aktif membantu penyelesaian tragedi kemanusiaan terhadap etnis Rohingya, Myanmar. Keempat, Menuntut PBB untuk mengirimkan pasukan perdamanain untuk mengamankan situasi di Myanmar serta menyeret pelaku kejahatan kemanusiaan dalam mahkamah peradilan internasional. Kelima, menyerukan kepada seluruh umat Islam di dunia untuk memberikan bantuak kepada etnis Rohingya.

Setelah selesai melakukan pernggalangan dana, puluhan mahasiswa tersebut melakukan buka puasa bersama di lapangan pamedan.

Beberapa hari sebelumnya, Himpunan Mahasiswa Islam bersama AJI Kota Batam juga mengelar aksi simpatik untuk Rohingya. Begitupula KAMMI Kepulauan Riau yang juga menuntut agar Presiden SBY secara tegas bersikap dengan tragedi pembantaian muslim Rohingya di Myanmar.

“Kita berharap Presiden SBY secara tegas mampu bersikap dengan tragedi ini. KAMMI Kepri melakukan aksi pencerahan kepada masyarakat dan penggalangan dana,” tutup Dachroni, Ketua KAMMI Kepri.

Rio Wanis, Sekretaris Umum HMI Cabang Tanjungpinang-Bintan secara terpisah juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung aksi simpatik untuk Rohingya.

” Sedikit bantuan untuk saudara kita muslim Rohingya sangat bermanfaat untuk mereka. ” ungkap Rio.

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Email Pengaduan THR, posko_thr_disnakerbatam@yahoo.com

Read Next

25 Masjid dan Mushola Dapat Bantuan Rp660 Juta