• September 29, 2020

Daftar ke KPU, Nasdem Bawa 3.000-an KTA

BATAM, IsuKepri.Com — Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menjadi partai politik pertama di Batam yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pendaftaran dilakukan dengan penyerahan berkas yang diterima langsung Ketua KPU Batam, Hendriyanto, Jumat (10/8). Dalam pendaftaran itu, Partai Nasdem menyerahkan hampir 3.000 kartu tanda anggota (KTA) untuk diverifikasi KPU Batam.

“Hampir 3.000 foto copy KTP yang kita serahkan,” kata Sekretaris DPD Nasdem Batam, Taufiq Muntasir saat menyerahkan berkas ke KPU Batam.

Taufiq Muntasir menyatakan, sesuai dengan ketentuan, dalam proses verifikasi, parpol harus memiliki anggota minimal 1.000 orang atau 1/1.000 dari jumlah penduduk suatu Kabupaten/Kota. Yang dibuktikan dengan kepemilikan KTA parpol di tingkat Kabupaten/Kota.

Dengan penduduk Batam sekitar 1 juta, maka setiap parpol yang akan mendaftar ke KPU wajib memiliki minimal 1.000 anggota. Namun Partai Nasdem Batam memiliki hampir tiga kali lipat, diatas ketentuan yang disyaratkan.

“Ini menjadi bukti kesiapan kita, makanya kita proaktif mendatangi KPU,” imbuhnya.

Selain itu, Nasdem juga menyerahkan persyaratan administrasi yang dibutuhkan untuk verifikasi. Diantaranya, susunan kepengurusan DPD Batam. Selain itu, ada juga susunan kepengurusan DPC di 12 Kecamatan Batam.

“Surat kepengurusan tingkat Batam dan Kecamatan kita serahkan. Ada dua bundel berkas sesuai ketentuan persyaratan untuk diverifikasi,” sambungnya.

Dipihak lain, Ketua KPU Batam, Hendriyanto membenarkan, jika penyerahan berkas partai baru dimulai. Jadwal penyerahan berkas partai ke KPU, dilakukan mulai 10 Agustus hingga 7 September 2012.

“Senin nanti kita baru akan melakukan sosialisasi jadwal tahapan Pemilu, berikut aturan-aturannya,” kata Hendri.

Pada saat itu, KPU akan menyampaikan jadwal penyerahan berkas dari partai, untuk diverifikasi. “Nanti sekaligus kita serahkan petunjuk teknis untuk verifikasi,” ujar dia.

Dijelaskan, setelah penyerahan berkas oleh partai, pihaknya akan melakukan verifikasi. Verifikasi dilakukan didaerah pada 4 sampai 24 Oktober 2012. “Partai yang akan mengikuti verifikasi, sudah bisa bersiap,” pungkasnya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Operasi Ketupat Seligi, Polda Turunkan 2.423 Personil

Read Next

Panggak Darat Bikin Gerbang Tahunan